Ricuh di Stadion Kanjuruhan

BUNTUT Ricuh di Stadion Kanjuruhan, Politisi Nasdem Minta FIFA Batalkan Piala Dunia U20 di Indonesia

Politisi Partai Nasdem Akbar Faizal minta FIFA untuk membatalkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U20, buntut Tragedi Kanjuruhan.

Editor: Putri Safitri
Tribunnews.com/SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Politisi Partai Nasdem Akbar Faizal minta FIFA untuk membatalkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U20, buntut Tragedi Kanjuruhan. 

TRIBUNPALU.COM - Diketahui pertandingan Arema VS Persebaya berakhir Ricuh di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur hingga merenggut ratusan korban jiwa.

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan terjadi setelah laga Arema FC VS Persebaya Surabaya berlangsung pada Sabtu (1/10/2022).

Tragedi Kanjuruhan ini pun menjadi sorotan dari banyak pihak, termasuk politisi Partai Nasdem Akbar Faizal.

Kini politisi Partai Nasdem Akbar Faizal itu pun meminta FIFA untuk membatalkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

"Saya di Twitter ngomong, mention ke FIFA agar kemudian FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20," katanya di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (4/10/2022).

Akbar Faizal
Akbar Faizal (Kompas.com/Indra Akuntono)

Bahkan pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 tersebut juga meminta FIFA untuk menghukum PSSI.

Menurut Faizal, PSSI tidak profesional dalam menyelenggarakan pertandingan sepak bola hingga menyebabkan ratusan nyawa melayang.

"Kemudian menghukum PSSI atas duka ini, karena menurut saya mereka amatir yah. Bukan hanya saya, kita semua malu dan terluka," ungkapnya.

"Sampai hari ini kita kan belum tahu berapa banyak orang yang meninggal, ada yang menyatakan 132, ada yang menyatakan 180, bahkan ada yang menyatakan lebih dari 200," sambungnya.

Faizal pun berharap agar PSSI dapat diperbaiki, agar peristiwa serupa tidak lagi terjadi.

"Jangankan ratusan, satu nyawa saja menurut saya sudah tidak relevan bicara sepak bola. Sepak bola kok bisa ada yang mati, gimana ceritanya saya eggak paham," pungkasnya.

Nasib Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 terancam, imbas rusuh Arema Persebaya.

Ratusan nyawa melayang pada kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, selepas laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam.

Seperti diketahui, insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruhan menelan setidaknya 125 korban jiwa.

Menanggapi ratusan nyawa yang melawang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, IPW mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin Liga 1 untuk sementara waktu.
Menanggapi ratusan nyawa yang melawang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, IPW mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin Liga 1 untuk sementara waktu. (Handover)
Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved