Sulteng Hari Ini

Pertemuan Gubernur Sulawesi Tengah dan NRC Hasilkan 2 Kesepakatan

Pertemuan Gubernur Sulawesi Tengah dan National Research Council (NRC) hasilkan 2 kesepakatan 

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Suasana Pertemuan Gubernur Sulawesi Tengah dan NRC di Korea 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pertemuan Gubernur Sulawesi Tengah dan National Research Council (NRC) hasilkan 2 kesepakatan.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura bersama Bupati Touna Mohammad Lahay, Kepala Dinas cikasda Sulteng Andi Rully Djanggola, Kepala PTSP Moh Rifani dan Tenaga Ahli Gubernur Mohammad Ridha Saleh melakukan kunjungan ke National Research Council (NRC) di Korea Selatan. 

Kunjungan tersebut atas inisiatif K-Water (BUMN asal Korea) karena telah bekerjasama dalam bidang seperti proyek air bersih dan energi terbaharukan. 

Sekertaris Jendral NRC Ilpyo Hong menyambut baik kedatangan dan keinginan Gubernur Sulawesi Tengah untuk bekerjasama dengan NRC, khususnya dibidang pengembangan riset dan kapasitas SDM. 

Gubernur Sulawesi Tengah juga sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena memang sesuai dengan visi misi Gubernur Sulawesi Tengah untuk membangun serta mensejahterakan Sulawesi Tengah. 

Baca juga: Badan Nasional Riset Korea Selatan Tawarkan Kerja Sama ke Gubernur Sulteng

Rusdy Mastura secara tegas akan menjadikan Korea Selatan sebagai mitra strategis Sulawesi Tengah. 

"Saya menyambut baik kesempatan ini, karena melalui kerjasama yang akan terjalin, Korea Selatan dan Sulawesi Tengah akan kaloboratif dalam membangun Sulawesi Tengah. Sulawesi Tengah akan melakukan pembangunan secara lebih modern bekerlanjutan yang berpegang ketat pada kaidah-kaidah kelestarian lingkungan hidup serta Sulawesi Tengah dapat mengirimkan orang ke Korea Selatan untuk belajar melalui magang," ujar Rusdy Mastura melalui WhatsApp video call pada Jumat (7/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak menghasilkan kesepakatan untuk kemajuan pembangunan Sulawesi Tengah yaitu: 

1. Kerjasama peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di bidang penelitian dan perencanaan kebijakan melalui pendidikan dan magang. 
2. Rektrukturisasi perencanaan kawasan dalam hal ini ada tiga yang akan dijadikan piloting yaitu KPN ( Kawasan Ekonomi Nusantara ), KEK ( Kawasan Ekonomi Khusus ) dan Kawasan Baru di Banggai. 

Gubernur Sulawesi Tengah berharap pembicaraan ini segera ditindaklanjuti dan mengundang NRC untuk bekunjung ke Sulawesi Tengah. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved