Buol Hari Ini

Impikan Peningkatan Infrastruktur dan Ekonomi, Tokoh Pemuda dan Kades Desak Pemekaran Buol Timur

Pemekaran Buol Timur bakal meningkatkan berbagai aspek di wilayah itu, baik infrastruktur, pengisian ASN dan perekonomian masyarakat.

Penulis: Haqir Muhakir | Editor: mahyuddin
handover
Kades Bulagidun Moh Zainal AS Bantali (kanan) dan Kades Bulagidun Moh Zainal AS Bantali (kiri) - Keduanya mendorong Pemekaran Buol Timur di Sulawesi Tengah demi peningkatan perekonomian daerah. 

TRIBINPALU.COM, BUOL - Tokoh pemuda Kabupaten Buol Wawan Setiawan mendorong pembentukan daerah otonomi baru alias pemekaran Buol Timur, Sulawesi Tengah.

Presidium DOB Buol Timur Wawan Setiawan menyebutkan, Pemekaran Buol Timur merupakan kebutuhan mendesak dari berbagai aspek.

“Dari aspek geografis dan ekonomi, khususnya. Tentu saja Pemekaran Buol Timur menjadi impian tiap warga Buol di bagian timur,” ujar Wawan kepada TribunPalu.com, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, pemekaran Buol Timur bakal meningkatkan berbagai aspek di wilayah itu, baik infrastruktur, pengisian ASN dan perekonomian masyarakat.

Wawan mengklaim ada empat kecamatan yang bersediah bergabung dalam wilayah Buol Timur.

Keempatnya adalah Kecamatan Bonubogu, Kecamatan Gadung, Kecamatan Paleleh Barat dan Kecamatan Paleleh.

“Meski belum memenuhi persyaratan, paling tidak sudah ada upaya pemerintah membantu warga untuk pemekaran kecamatan, mengingat luas bagian timur Buol cukup luas,” kata Wawan

Kades Bulagidun Moh Zainal AS Bantali mengatakan, sejumlah wilayahnya berbatasan dengan Gorontalo.

Sebagai daerah perbatasan, kata Moh Zainal, desanya itu masih jauh dari kata pembangunan, apalagi sumber daya manusia yang dapat bersaing.

“Kami mendesak pemekaran itu agar daerah kami juga bisa berkembang. Apalagi jarak kami dari ibu kota provinsi itu 651 Km. Kami malah lebih dekat ke ibu kota Gorontalo 262 Km,” jelas Zainal.

Diketahui, Kecamatan Bonubogu terdiri dari 10 desa, Kecamatan Paleleh Barat 7 desa, Kecamatan Palele 12 desa.

Bagian timur Kabupaten Buol itu merupakan kawasan pertambangan emas dan pertanian jagung.

Terdapat tujuh pulau wisata di daerah berbatasan Provinsi Gorontalo tersebut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved