Palu Hari Ini

4 OPD dan Kecamatan Ulujadi Didenda Rp 1 Juta Sebab Kantornya Kotor

Sedikitnya lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Palu terpaksa membayar denda sebesar Rp 1 Juta akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan ka

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Salam Kerimov
TribunPalu.com/Alan
Sedikitnya lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Palu terpaksa membayar denda sebesar Rp 1 Juta akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan kantornya. Hal itu diutarakan Plt Kasatpol PP Kota Palu Nirwan. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM,PALU - Sedikitnya lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Palu terpaksa membayar denda sebesar Rp 1 Juta akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan kantornya.

Plt Satpol PP Kota Palu Nirwan mengatakan, pemberian denda ini sudah sesuai dengan Perwali nomor 37 tentang penyelenggaraan kebersihan.

Diketahui beberapa waktu lalu Wali Kota Palu Hadianto Rasyid melakukan sidak dan menemukan kondisi kantor pada saat itu sangat kotor.

Hadianto pun melakukan penindakan secara lisan bahwa lima OPD itu harus ditindaki.

"Ada beberapa dinas yang ditinjau beliau saat itu sangat kotor, diantaranya Dinas Kesehatan, BPBD, Dispenda, dan Dispora. Kemudian ketambahan satu lagi yang kami lakukan sidak yaitu kantor Kecamatan Ulujadi," sebut Nirwan, Jumat (28/10/2022) siang.

Baca juga: Kunjungi Palu dan Poso, Stafsus Presiden Ayu Kartika Dewi Ajak Masyarakat Dorong Perdamaian

Nirwan menambahkan, operasi sidak kebersihan ini akan terus berlanjut, mengingat Kota Palu saat ini sedang berupaya mendapatkan predikat Adipura.

Ia mengimbau agar kepala dinas, camat dan lurah untuk selalu menjaga kebersihan kantornya jika tidak ingin mendapatkan denda Rp1 juta.

"Jelas uang mereka pribadi sendiri untuk membayar denda itu, kita tidak mau tahu sumber dananya dari mana, yang jelas kita lakukan penindakan sesuai perwali itu dan di stor ke kas daerah," ungkap Nirwan.

Nirwan menjelaskan, pemberian denda Rp1 juta ini bertujuan memberikan efek jera kepada instansi tersebut.

Baca juga: Istri Gubernur Rusdy Mastura Dampingi Kontingen Pesparani Sulteng di Kupang

Menurutnya, jangan sampai pelaku usaha saja yang diberikan sangsi dan Imbauan menjaga kebersihan sedangkan OPD yang seharusnya memberikan contoh malah sebaliknya.

"Sejauh ini baru lima OPD yang diberikan denda. Paska diberikan denda ini, saya lihat kemarin para pegawainya langsung melakukan bersih-bersih," tuturnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved