Banggai Hari Ini

Program Redistribusi Tanah Reforma Agraria di Banggai Capai 2.296 Bidang Tanah Sepanjang 2022

Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai telah merealisasikan 2.296 bidang tanah untuk masyarakat dalam program redistribusi tanah reforma agraria.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Jumpa pers Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai dalam merealisasikan program redistribusi tanah reforma agraria yang telah mencapai 2296 bidang tanah untuk masyarakat sepanjang tahun 2022. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai telah merealisasikan 2.296 bidang tanah untuk masyarakat dalam program redistribusi tanah reforma agraria.

Capaian itu terhitung sejak Januari hingga Oktober 2022.

Program ini merupakan salah satu bagian dari reforma agraria dengan tujuan memperbaiki kondisi sosial-ekonomi rakyat dengan
cara membagikan lahan secara adil dan merata kepada warga negara. 

"Dengan begitu, ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia, terutama di Kabupaten Banggai diharapkan bisa berkurang," tutur Kepala Pertanahan Kabupaten Banggai, Anang Indrayu, saat jumpa pers di Kota Luwuk, Kamis (3/11/2021).

Tak hanya itu, Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai juga melakukan kegiatan
pemberdayaan peningkatan kualitas hidup masyarakat. 

Baca juga: Beri Tips Urus Sertifikat Tanah Mudah dan Murah, Kepala BPN Banggai: Urus Sendiri, Jangan Pakai Calo

Dalam program Pemberdayaan Tanah Masyarakat (PTM), dilakukan pendampingan dan pelatihan bagi masyarakat berupa pelatihan pembuatan pupuk organik, pemberian materi pengendalian hama dan penyakit tanaman, pelatihan untuk kemandirian masyarakat mengakses bibit untuk ditanam.

Program ini bertujuan memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi, meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan, serta memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup.

Kantor Pertanahan Banggai juga terus membangun sinergitas dan berkolaborasi dengan lintas sektor untuk masyarakat. 

Terutama sektor-sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil, seperti Perikanan Budidaya, Perikanan Tangkap, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Wakaf.

Semua program tersebut sejalan dengan tugas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agraria dan tata
ruang untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Dengan visi Kementerian, Terwujudnya Penataan Ruang dan Pengelolaan Pertanahan yang Terpercaya dan Berstandar Dunia dalam Melayani Masyarakat untuk Mendukung Tercapainya: “Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”.

Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai sendiri memiliki visi tertib pertanahan dan penataan ruang yang berkualitas, berkelanjutan dan berkeadilan.

Serta misi meningkatkan penyelenggaraan penata ruang dan menciptakan tertib administrasi dan tertib penggunaan ruang.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai di tahun 2022 telah menyukseskan Program Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved