Sigi Hari Ini

Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid Kunjungi Lokasi Putusnya Jembatan Gumbasa Sigi

Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mengunjungi lokasi putusnya jembatan Gumbasa di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulteng, Sabtu (5/11/2022)

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid Kunjungi Lokasi Putusnya Jembatan Gumbasa Sigi - anwar-hafid-ke-gumbasa-sigi.jpg
TribunPalu.com/ Moh Salam
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mengunjungi lokasi putusnya jembatan Gumbasa di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/11/2022)
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid Kunjungi Lokasi Putusnya Jembatan Gumbasa Sigi - ah-komisi-v-dpr-ke-gumbasa-sigi.jpg
TribunPalu.com/ Moh Salam
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mengunjungi lokasi putusnya jembatan Gumbasa di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/11/2022)

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mengunjungi lokasi putusnya jembatan Gumbasa di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/11/2022).

Pantauan TribunPalu.com, Anwar Hafid tiba pukul 09.45 Wita dengan tujuan pertama melihat kondisi jembatan Gumbasa yang terputus akibat banjir beberapa waktu lalu. 

Selanjutnya rombongan Anwar Hafid pun menuju bantaran sungai melihat secara langsung pengerjaan normalisasi aliran sungai tersebut. 

Anwar Hafid mengatakan, dirinya belum lama berpindah dari Komisi II ke Komisi V DPR RI yang membidangi Kementerian PUPR, Perhubungan, Basarnas dan Kementerian Desa.

"Karena saya baru bertugas di Komisi V dengan mitranya itu salah satu Kementerian PUPR juga Kemenhub, Basarnas dan Kementerian Desa Tertinggal. Jadi pada saat kejadian banjir ini saya Alhamdulillah langsung menelepon Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III dan pada saat itu juga beliau langsung mengambil langkah-langkah penanganan darurat dan saya terus memantau," ujar Anwar Hafid, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Parigi Moutong Jadi Daerah Pertama Perayaan Harkanas Selain Jakarta

Anggota DPR RI Dapil Sulteng itu menjelaskan, kedatangannya ke lokasi Bantaran Sungai Gumbasa untuk melihat langsung pengerjaan dan penanganan oleh Balai teknis terkait.

"Hari ini saya hadir di lokasi langsung untuk memantau sejauh mana yang sudah dilakukan oleh Balai dalam rangka penanganan banjir ini. Alhamdulillah saya lihat dilapangan sementara berlangsung, saya berharap yang pertama kedepan ini perencanaannya benar-benar harus komprehensif dan harus memperhatikan benar-benar aliran sungai ini," kata Anwar dari Fraksi Partai Demokrat tersebut.   

Pria Kelahiran 14 Agustus 1969 itu menyebutkan, Penanganan aliran sungai harus dilakukan secara teknis sehingga tidak lagi dimasa-masa akan datang terjadi kejadian serupa.

"Jadi penanganan darurat itu jangan sampai itu penanganan selama-lamanya, Jadi penanganan darurat kita lakukan darurat disertai dengan perencanaan yang matang sehingga dalam waktu yang tidak lama juga dilakukan penanganan yang permanen," sebut Mantan Bupati Morowali Dua Periode itu.

Baca juga: BNNP Ajak Komisi Informasi Sulteng Perangi Narkoba

Ketua Partai Demokrat Sulteng itu mengatakan, penanganan saat ini masih bersifat sementara.

Ia pun berjanji akan segera melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian terkait untuk penanganan permanen di Aliran Gumbasa tersebut. 

"Jadi ini hanya penanganan sementara tentu ini tidak bisa berharap banyak tapi penanganan permanen itulah yang diharapkan masyarakat. Saya juga dalam kapasitas tugas saya di Komisi V akan menyampaikan ini dalam RDP Kementerian terkait supaya penangan permanen aliran sungai gumbasa ini benar-benar dilakukan secara komprehensif melalui sebuah perencanaan yang sangat baik, sehingga tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini karena merugikan banyak fasilitas seperti fasilitas masyarakat termasuk juga fasilitas negara yang sudah dibangun," tuturnya. 

Anggota DPR RI Dapil Sulteng itu pun berpesan kepada Satker yang mengerjakan penanganan aliran sungai gumbasa bisa bekerja dengan keras.

"Saya juga berharap terhadap Balai yang teknis berkaitan dengan penanganan sungai ini supaya bekerja keras karena kita tidak tahu musibah ini bisa datang setiap saat. Kita berusaha semaksimal mungkin penanganan itu supaya masyarakat kita merasa aman terutama keselamatan jiwa mereka," pungkasnya.

Diketahui Anwar Hafid saat ini berada di Komis V DPR RI dengan lingkup kerja seperti Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika serta Pencarian dan Pertolongan.

Sementara Mitra kerja Komisi V antara lain Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved