Pemilu 2024 Sulteng

Bawaslu Palu Hadiri Rakernis Penanganan Pelanggaran Uji Kemampuan Pengawas Pemilu

Dia juga mengatakan agar setiap penanganan pelanggaran yang dilakukan dengan baik dan membaca regulasi.

Penulis: Citizen Reporter | Editor: Haqir Muhakir
Handover
DISKUSI: Anggota Bawaslu Kota Palu, Fery saat berdiskusi dengan anggota Bawaslu Kabupaten/kota se-Indonesia di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Selasa (15/11/2022) 

TRIBUNPALU.COM - Sebanyak 9 Bawaslu Provinsi dan 102 Kabupaten Kota mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran Gelombang lll yang digelar oleh Bawaslu Republik Indonesia, Selama 4 hari dimulai 14 sampai 17 November 2022. 

Kegiatan dipusatkan di Hotel Mercure Batavia Jakarta, dibuka langsung Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Senin (14/11/2022).

Hadir pula saat itu, Anggota Bawaslu RI, Puadi yang membidangi Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi.

Kegiatan tersebut mengundang Anggota Bawaslu 9 Provinsi yang membidangi Penanganan Pelanggaran.

Selain itu juga mengundang Ketua dan anggota Bawaslu kabupaten/kota yang masing-masing membidangi divisi penanganan pelanggaran.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Palu Beri Penguatan Penyelesaian Sengketa untuk Panwascam

Dalam kesempatan ini, Bagja mengimbau kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, mengingat tantangan Pemilu 2024 yang cukup rumit karena kedepan tahapan Pemilu dan pemilihan (Pilkada) akan saling beririsan.

Dia juga mengatakan agar setiap penanganan pelanggaran yang dilakukan dengan baik dan membaca regulasi.

"Ke depan banyak sekali tantangan buat kita semua. Saya yakin teman teman semua memiliki kemampuan untuk berlaku adil," kata Bagja.

Dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi dalam penerapan terhadap Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022 dan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2022.

Dari Bawaslu Kota Palu, hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua Bawaslu Kota Palu Fadlan dan Anggota Bawaslu Kota Palu Fery yang merupakan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan penyelesaian Sengketa.

Selama kegiatan ini, Ketua Bawaslu Kota Palu Fadlan dan Anggota Bawaslu Kota Palu Fery, dan peserta lainnya, juga mengikuti pretest, diskusi kelompok, dan lainnya, dalam hal menguji kemampuan pengawas Pemilu menghadapi laporan penanganan pelanggaran dengan menggunakan Perbawaslu 7/2022.

"Salah satu yang penting dalam Perbawaslu 7/2022 adalah mnggunakan sistem aplikasi sigap lapor," kata ketua Bawaslu Kota Palu, Fadlan. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved