Sigi Hari Ini

Pemkab Sebut Sigi Siap Pasok Bahan Pangan ke IKN, Salah Satunya Vanili

Pemerintah Kabupaten Sigi hingga saat ini terus mempersiapkan untuk menjadi salah satu pasokan pangan ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur men

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
salam
Wabup Samuel Yansen Pongi saat melepas penjualan perdana Vanili dari Palolo ke Klaten, Selasa (15/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi hingga saat ini terus mempersiapkan untuk menjadi salah satu pasokan pangan ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur mendatang. 

Salah satu persiapan itu adalah dengan menyiapkan bibit-bibit pohon seperti durian, Kakao, Kopi dan komoditi lainnya termasuk Vanili

"Saat ini pasarnya Vanili ini belum ke IKN, Memang sekarang ini Kalimantan Timur belum menjadi IKN tapi kan pasokan pangannya dari sini artinya saat ada IKN nanti tentu permintaan akan semakin banyak, Maka dalam rangka mengantisipasi permintaan banyak maka itu yang kami persiapkan sekarang yakni mendistribusikan bibit-bibit dalam jumlah besar kepada semua petani," ujar Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi, Rabu (16/11/2022).

Ia berharap, dengan adanya pembagian bibit-bibit pohon dapat merangsang petani di Kabupaten Sigi khususnya untuk bercocok tanam seperti durian, kopi, vanili dan komoditi lainnya.

"Harapannya petani dapat bergairah untuk menyongsong IKN kedepan termasuk mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur misalnya jaringan-jaringan irigasi pasca gempa 2018 silam," tuturnya. 

Diketahui penjualan perdana dari Koperasi Tani Pemasaran Vanili Simpotove Desa Bobo, Kecamatan Palolo dengan tujuan Kota Klaten, Jawa Tengah.

Harga Vanili kering pun mencapai Rp 1,3 Juta sementara Vanili basah berkisar Rp 200 ribu. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved