Sejarah Angklung di Hari Angklung Sedunia 16 November: Simak Asal Mula Hingga jadi Google Doodle

Jika mengakses URL Google.com atau Google.co.id, Anda akan melihat bahwa logo "Google" diganti dengan ilustrasi enam sosok orang memegang angklung.

Editor: Imam Saputro
TribunJabar/Gani Kurniawan
Foto pertunjukan Angklung: Apa arti kata angklung, dan bagaimanakah sejarahnya? 

TRIBUNPALU.COM - Sejarah Angklung yang jadi Google Doodle hari ini untuk memperingai Hari Angklung Sedunia.

Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi enam sosok orang yang memegang dan memainkan sebuah angklung.

Ini merupakan peringatan 12 tahun alat musik angklung sudah diakui dunia setelah UNESCO resmi menjadikan angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia pada 16 November 2010 lalu.

Ternyata alat musik bernada ganda ini sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Sepeti apa kisah lengkapnya?

Ada yang berbeda di halaman utama Google berbahasa Indonesia hari ini, Rabu (16/11/2022).

Jika Anda mengakses URL Google.com atau Google.co.id, Anda akan langsung melihat bahwa logo "Google" diganti dengan ilustrasi enam sosok orang yang masing-masing merepresentasikan huruf atau karakter Google.

Apabila dilihat seksama, masing-masing dari keenam orang tersebut memakai baju dengan desain dan warna berbeda, namun memiliki satu kesamaan, yaitu memegang dan memainkan sebuah angklung.

Keenam orang yang memainkan angklung ini merupakan sebuah doodle baru yang dirilis Google.

Doodle tersebut, yang memiliki tema "Merayakan Angklung", ditampilkan dalam rangka merayakan hari di mana angklung dianggap sebagai salah instrumen musik tradisional penting yang ada di dunia.

Google doodle angklung, 16 November 2022.
Google doodle angklung, 16 November 2022. (Google)

Seperti diketahui, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) resmi menjadikan angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia pada 16 November 2010 lalu.

Artinya, sudah sekitar 12 tahun alat musik angklung sudah diakui dunia sebagai sebuah warisan yang unik dan harus dilestarikan.

Nah, seluk-beluk angklung akan bisa diketahui pengguna apabila mereka mengeklik Google Doodle yang menampilkan angklung tadi.

Ketika doodle tersebut diklik, halaman Google akan menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci "Angklung", yang menampilkan sejarah, berita, gambar, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan angklung.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved