Palu Hari Ini

Festival Musik Daerah 2022 di Kota Palu, Sandingkan Kesenian Terdahulu dengan Generasi Baru

Festival Musik Daerah 2022 itu dibuka langsung Sekertaris Dinas Pariwisata Sulteng Ambo Tuwo M.

Penulis: Alan Sahrir | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/ALAN
Festival Musik Daerah 2022 itu dibuka Sekertaris Dinas Pariwisata Sulteng Ambo Tuwo M di Khans Studio, Jl Tembang, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Jumat (25/11/2022) malam. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM,PALU - Festival Musik Daerah 2022 itu dibuka Sekertaris Dinas Pariwisata Sulteng Ambo Tuwo M di Khans Studio, Jl Tembang, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Jumat (25/11/2022) malam.

Ambo Tuwo M mengatakan, Sulawesi Tengah tidak kalah hebat dengan provinsi lainnya tentang kekayaan budaya dan seni yang dimilikinya.

Hal inilah yang perlu dijaga dan dilestarikan, sebagai aspek ekspresi dan kesenian yang memiliki ciri khas dan mutu tersendiri.

Baca juga: Ubi Banggai dan Pisang Louwe jadi Perekat Ketahanan Pangan Banggai Bersaudara

Dinas Pariwisata berupaya bersinergi dengan pegiat seni dalam mengembangkan seni musik sebagai bentuk pemajuan kebudayaan daerah terus dilakukan.

"Ini menjadi kebanggaan kita, dan dibutuhkan usaha serta kerja keras semua stakeholder dalam menjadikan kesenian kita mampu berbicara lebih jauh lagi di ajang nasional," ujar Ambo Tuwo M.

Sambung Ambo Tuwo M, Festival Musik Dearah ini adalah upaya mengajak pelaku seni budaya dan kelompok masyarakat untuk merawat dan memelihara kekayaan kebudayaan di Sulteng.

Olehnya, Ia mengharapkan, Festival Musik Daerah ini dapat mengenalkan, menyebarkan, dan mempertunjukkan musik daerah yang merupakan nilai kekuatan bagi pemajuan kebudayaan di Indonesia.

Dengan begitu keragaman musik tradisi yang dimiliki Indonesia dapat menjadi universal dan menarik minat masyarakat dunia.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan publikasi antara kesenian terdahulu dengan generasi baru, dalam konteks pertunjukan," harapnya

Ambo Tuwo M juga menyampaikan, pemerintah saat ini terus berusaha menghidupkan kembali geliat kesenian budaya di masyarakat yang selama ini tersendat akibat pandemi Covid-19.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved