Sulteng Hari Ini

KBRI Kairo Terima Delegasi Pemprov Sulteng, Bahas Penetrasi Pasar Produk Unggulan ke Mesir

Andi Ruly Djanggola menyampaikan salam hrmat Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura kepada Duta Besar RI Mesir Lutfi Rauf.

Editor: mahyuddin
handover
Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi mewakili Duta Besar RI Mesir menerima kunjungan Delegasi Pemprov Sulawesi Tengah yang dipimpin Andi Ruly Djanggola, Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Sulteng di KBRI Kairo. Dalam pertemuan, Andi Ruly Djanggola menyampaikan salam hrmat Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura kepada Duta Besar RI Mesir Lutfi Rauf. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi mewakili Duta Besar RI Mesir menerima kunjungan Delegasi Pemprov Sulawesi Tengah yang dipimpin Andi Ruly Djanggola, Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Sulteng di KBRI Kairo.

Dalam pertemuan, Andi Ruly Djanggola menyampaikan salam hrmat Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura kepada Duta Besar RI Mesir Lutfi Rauf.

Andi Ruly Djanggoal menuturkan, misi Gubernur Sulteng adalah peningkatan kesejahtaraan petani melalui pemasaran produk unggulan Sulteng, antara lain kopi, coklat, durian, jagung dan produk lainnya yang membutuhkan jaringan pemasaran international.

Selain itu, terkait peningkatan capacity building Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov, diharapkan Mesir dapat menjadi mitra strategis bagi Sulawesi Tengah.

Andi Ruly Djanggola menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan pelajar dan mahasiswa Indonesia asal Sulteng yang berjumlah 55 orang dan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengabdi di daerah, baik itu di bidang literasi, wirausaha dan birokrasi.

Baca juga: 1 Kader Sulteng Masuk Presidium KAHMI, Nihil di Majelis Nasional Forhati

Atase Perdagangan KBRI Kairo menyambut positif misi yang dibangun Gubernur Sulawesi Tengah khususnya untuk akses pasar produk unggulan Sulteng ke pasar Mesir.

Selain itu, terkait kerjasama Capacity building dapat dijajaki dengan Mesir. Beberapa waktu lalu Indonesia memberikan pelatihan pengolahan eceng gondok yang tersebar di sungai Nil menjadi produk kerajinan bernilai tambah.

KBRI juga memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) hal ini sangat memberi manfaat bagi warga Mesir.

Terkait potensi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir, selain banyak berkarya dengan menulis buku sesuai kepakarannya, juga ada yang mengasah diri sebagai wirausaha muda dan kuliner nusantara.

Ada 25 warung makan ala lesehan, ada lebih 15 toko kelontong yang dapat ditemui di kota Kairo.

Selain itu ada juga yang menjadi perwakilan atau fasilitator produk Indonesia.

Dalam pertemuan, KBRI Kairo bersama Pemprov Sulteng sepakat untuk menjajaki upaya terobosan dalam promosi dan penetrasi pasar produk unggulan Sulteng ke Mesir.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved