Pemilu 2024 Sulteng

Bawaslu Palu Fasilitas Penegakkan Hukum Terpadu, Dihadiri Perwakilan Jaksa hingga Polisi

Bawaslu Kota Palu menggelar kegiatan Fasilitasi Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dipusatkan di D'Kalora Cafe & Resto Palu, Rabu (30/11/2022).

Penulis: Citizen Reporter | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Bawaslu Kota Palu menggelar kegiatan Fasilitasi Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dipusatkan di D'Kalora Cafe & Resto Palu, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Bawaslu Kota Palu menggelar kegiatan Fasilitasi Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dipusatkan di D'Kalora Cafe & Resto Palu, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Pidum Kejari Palu, Intik Astutik dan Kasi Intel Polres Palu Hesky Supit. Sementara yang membuka kegiatan adalah Ketua Bawaslu Kota Palu, Fadlan.

Hesky Supit mewakili Kapolres Palu mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu dan pemilihan 2024 harus menjadi perhatian bersama, terutama dalam menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga diperlukan kerjasama, khususnya dalam penegakkan hukum terpadu antara Polri, Kejaksaan, dan Bawaslu.

Sementara Intik Astuti mewakili Kajari Palu, Hartawi mengatakan pentingnya membangun sinergitas dalam penegakkan hukum, khususnya menegakkan kerangka electoral Justice.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Anggota Sentra Gakkumdu kota Palu, yang terdiri dari Bawaslu Kota Palu, Kejari Palu, dan Polres Palu.

Baca juga: Bawaslu Palu: Penindakan Sengketa Pemilu Harus Berkeadilan

Fadlan saat membuka kegiatan meminta kepada semua pihak untuk bersama-sama, secara terpadu dan terkoordinir dalam menjalankan tugas Penanganan Pelanggaran pidana pemilu di Gakkumdu.

"Kepercayaan publik terhadap Gakkumdu perlu kita jaga, sehingga dalam menegakkan keadilan Pemilu, khususnya terkait pidana pemilu harus adil dan terbuka. Bawaslu, Polres, dan Kejari menjadi penting dalam bersinergi menegakkan keadilan Pemilu," jelas Fadlan.

Sementara kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu, dari Akademisi, Kasman Jaya dan dari Bawaslu Sulteng diwakili oleh Kabag Penanganan Pelanggaran dan penyelesaian Sengketa Proses, Ridwan Kasim.

Kepada media ini, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Palu, Fery mengatakan, kegiatan fasilitasi Gakkumdu tersebut digelar dengan tujuan untuk penyamaan pemahaman dan pandangan dalam menerapkan kerangka electoral justice atau keadilan Pemilu bagi semua anggota Sentra Gakkumdu.

"Sentra Gakkumdu ini terdiri dari Polres Palu, Kejaksaan Negeri Palu, dan Bawaslu Kota Palu. Nah, kita ingin terjadi kesepahaman terkait penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu, khususnya pada Pemilu 2024," tandasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved