Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Rabu 30 November 2022, BMKG: 29 Provinsi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Prakiraan cuaca hari ini Rabu 30 November 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Imam Saputro
scroll.in
Prakiraan cuaca hari ini Rabu 30 November 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia. 

TRIBUNPALU.COM - Prakiraan cuaca hari ini Rabu 30 November 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

BMKG menyebut hujan lebat berpotensi mengguyur 29 wilayah di Indonesia, seperti di Aceh, Jawa Tengah dan Papua.

Di laman resminya, BMKG menyatakan ada bibit siklon 90W terpantau di Samudra Pasifik Utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Utara dan di Papua Barat.

Daerah tekanan rendah (LPA) terpantau di Teluk Carpentaria yang membentuk daerah konvergensi memanjang di NTT, dari Laut Banda hingga Maluku dan di Papua bagian utara.

Baca juga: Polda Sulteng Cegah Paham Radikalisme Berkembang di Tubuh Institusi Sendiri

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Sulawesi yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di Bengkulu, di Lampung, dari Sumatera Selatan hingga Selat Karimata, di Laut Jawa, di Jawa Tengah, di Laut Natuna, di Jawa Timur, dari Selat Makassar bag selatan hingga Sulawesi Selatan, di Sulawesi bag tengah, di NTT, di Laut Maluku, dan dari Papua Barat hingga Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Sumatera bagian utara dan tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon, daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Jawa Barat

• Maluku Utara

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

• Sumatera Utara

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved