Sulteng Hari Ini

Korem Tadulako Gelar Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Korem 132 Tadulako melaksanakan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat tahun 2022.

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Korem Tadulako
Korem 132 Tadulako melaksanakan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat tahun 2022. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Korem 132 Tadulako melaksanakan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat tahun 2022.

Kegiatan itu berlangsung di Ruang Rapat Merah Putih Korem 132 Tadulako Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Danrem Brigjen TNI Toto Nurwanto diwakili Kasi Ter Kasrem 132 Tadulako Kolonel Inf Fifin Zudi Syaifuddin.

Rencana tata ruang wilayah pertahanan darat guna mewujudkan keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Baca juga: 108.514 Pelanggar Terekam Tilang Elektronik di Kota Palu, Terbanyak Tak Gunakan Sabuk Pengaman

Selain itu yakni terciptanya keterpaduan dalam penggunaan sumber daya alam dan sumber daya buatan dengan sumber daya manusia, sertapencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pemanfaatan ruang khususnya untuk pertahanan darat.

Dalam sambutannya, Fifin menekankan bahwa penataan wilayah pertahanan memerlukan penanganan secara khusus.

Hal tersebut sebagaimana tertuan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 yaitu tentang Penataan Wilayah Pertahanan Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

"Penataan ruang Nasional pada hakikatnya mencakup aspek yang saling terkait satu dengan yang lain, yakni aspek Pertahanan dan aspek kesejahteraan. Pelaksanaannya berbeda dengan penataan wilayah untuk kepentingan pembangunan lainnya," ujar Fifin, Jumat (2/12/2022).

RTRW Pertahanan Darat Korem Tadulako mengusung tema "Sinergitas Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah Daerah Guna Mewujudkan Wilayah Pertahanan Darat Yang Tangguh".

Di hadapan para prajurit, Fifin kemudian menyinggung Tugas Pokok TNI AD sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004.

Pasal 8d berisi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu Pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan yang dipersiapkan secara dini.

"Ini juga diselaraskan dengan RTRW pemerintah Sulawesi Tengah. Pendayagunaan wilayah dilaksanakan dengan mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunannya sedini mungkin agar setiap saat siap untuk mendukung penyelenggaraan pertahanan negara," tutur Fifin.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved