Parimo Hari Ini

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai Buka FGD Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai SE membuka secara resmi kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) Penyusunan Dokumen Arsitektur Pe

Penulis: Citizen Reporter | Editor: Haqir Muhakir
Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai Buka FGD Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE - Wakil-Bupati-Wabup-Parigi-Moutong-Parimo-H-Badrun-Nggai-SEdf.jpg
Handover
Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai SE membuka secara resmi kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) Penyusunan Dokumen Arsitektur Peta rencana Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Senin (5/12/2022).
Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai Buka FGD Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE - Wakil-Bupati-Wabup-Parigi-Moutong-Parimo-H-Badrun-Nggai-SE-d.jpg
Handover
Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai SE membuka secara resmi kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) Penyusunan Dokumen Arsitektur Peta rencana Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Senin (5/12/2022).

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai membuka secara resmi kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) Penyusunan Dokumen Arsitektur Peta rencana Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Senin (5/12/2022).

Kegiatan yang merupakan gawaian Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Parigi Moutong bekerjasama dengan Perwakilan Universitas Tadulako (Untad) Fakultas Teknik jurusan Teknik Informasi itu dilaksanakan di Gedung lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Parigi Moutong Enang SSos dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah dapat di wujudkan dengan kesiapan pada konsep perencanaan yang telah ditetapkan yang termuat dalam visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong yang telah ditetapkan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018 sampai dengan 2023 yaitu melanjutkan terwujudnya Kabupaten terdepan yang produktif maju, aman, tertib dan berdaya saing.

Salah satu misinya yaitu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Baca juga: Atlet Balap Motor Parimo Resmi Dilepas untuk Berlaga di Porprov IX Kabupaten Banggai

Misi dimaksud kata Enang untuk menciptakan kelembagaan birokrasi yang kuat sehingga mampu memberikan pelayanan prima dan berkualitas.

Enang juga mengatakan, Peningkatan Sumber Daya Manusia Aparatur pemerintah melalui berbagai pendidikan dan pelatihan teknis untuk meningkatkan kompetensi aparatur yang Profesional melalui inovasi berbasis IPTEK sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara efisien efektif dan akuntabel.

"Program pertama yang hendak dijalankan adalah membangun Aparatur Sipil Negara yang profesional reformasi sistem perencanaan penganggaran dan akuntabilitas birokrasi yang bertransformasi,"Jelasnya.

Ia juga menambahkan, sejalan dengan itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE terutama mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas maka Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong telah menerbitkan keputusan Bupati Kabupaten Parigi Moutong tentang tim koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

"Kami berharap melalui kesempatan ini kepada semua pimpinan OPD yang ada di kabupaten Parigi Moutong tolong ini bukan hanya semata mata keinginan kami dari Kominfo untuk melaksanakan, karena kalau tidak dibarengi dengan OPD lain mustahil SPBE ini akan berhasil," imbuhnya.

Baca juga: Venue Belum Rampung, Pertandingan Cabor Panjat Tebing Porprov Sulteng 2022 Terancam Ditiadakan

Untuk mengukur perkembangan penerapan SPBE di Kabupaten Parigi Moutong, kata Ia Bupati Parigi Moutong akan menetapkan Surat Keputusan (SK) tentang Tim koordinasi penyelenggara SPBE dijajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong yang salah satu tugasnya adalah melakukan pemantauan dan evaluasi mandiri SPBE.

Ketua Jurusan Teknik Informasi Fakultas Teknik Universitas Tadulaku selaku ketua Tim Penyusunan Dokumen Arsitektur SPBE Dr Ir H Moh Yazdi Pusadan SKom MEng mengatakan, Untad dipercayakan membangun SPBE merupakan kegiatan ketiga yang dihadiri Untad setalah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan kali ini Kabupaten Parigi Moutong.

"Untuk saat ini konsep satu data sudah mulai digalakkan, dan untuk data saat ini baik data sumber daya, data Pengembangan wilayah data pendidikan sudah tercover semua dibawah walidata Dinas Kominfo,"Kata Yazdi.

Untuk Kedepannya kata Yahdi, Dinas Kominfo akan memegang peranan penting mengenai Peninformasian data, karena konsep data semua ada di Kominfo.

"Omong kosong kita berbicara mengenai kebijakan tapi tidak punya data, Nah maka data itu yang akan kita kelolah dengan Baik," Imbuhnya.

Baca juga: Korem 132/Tadulako Gelar Latihan Ton Beranting Jelang Hari Infanteri Ke-74

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved