PT DSLNG

10 Bulan Jalani Program Pemagangan Operator PT DSLNG, 6 Putra Banggai Siap Kerja di Industri Migas 

Mereka sebelumnya mengikuti program pemagangan operator selama 10 bulan, dimulai 1 Februari hingga 30 November 2022.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: mahyuddin
handover
Sebanyak 6 putra-putri Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyelesaikan Operator Program Apprenticeship (OPA) atau program pemagangan operator PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) 2022. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Sebanyak 6 putra-putri Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyelesaikan Operator Program Apprenticeship (OPA) atau program pemagangan operator PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) 2022.

Mereka sebelumnya mengikuti program pemagangan operator selama 10 bulan, dimulai 1 Februari hingga 30 November 2022.

Pelatihan intensif dengan instruktur ahli dan bersertifikasi dilakukan di pusat pelatihan PT Petrotekno di Jawa Barat, dan disusul pelatihan kerja di kilang DSLNG.

Operation Director DSLN Betantyo Madyantoro menjelaskan, program ini merupakan bentuk kepedulian kepada lingkungan masyarakat sekitar tempat PT DSLNG beroperasi.

Dengan berakhirnya program ini, Betantyo berharap peserta magang menjadi terlatih serta terampil dan akan siap memasuki dunia kerja khususnya di industri minyak dan gas atau migas.

Program ini dikembangkan bersama-sama antara Divisi Sumber Daya Manusia (HRD) dan Divisi Operasi di PT DSLNG.

Baca juga: Lestarikan Maleo, Pemerintah Banggai Laut Serahkan Telur Tradisi Tumbe untuk Dikonservasi DSLNG

Dalam pelaksanaannya, PT DSLNG bekerja sama dan berkolaborasi dengan PT Petrotekno yang telah terakreditasi dan tersertifikasi dalam melaksanakan pelatihan.

"Dengan pola kerjasama ini, program ini didukung oleh tenaga pelatih dan pembimbing yang telah berpengalaman dan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik," kata Betantyo saat upacara penutupan OPA 2022 di Kilang DSLNG, Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa (6/12/2022).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaeni Mustatim, menyatakan, PT DSLNG telah berhasil menjalankan program pemagangan operator ini selama 2 tahun terakhir terhitung sejak tahun 2021.

Juga berhasil melaksanakan program pemagangan dengan baik melalui kombinasi pembekalan berupa teori dan praktek simulasi di dalam kelas (in classroom) dengan praktek kerja di unit produksi secara intensif dalam kurun waktu 10 bulan.

Pada 2023 mendatang, lanjut Ernaeni, PT DSLNG akan melanjutkan program pemagangan dengan merekrut 10 orang dengan kualifikasi dasar yang sama dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Peduli Kesehatan Ibu Hamil, DSLNG Gelar Program Intervensi Gizi

"Inisiatif tersebut telah disetujui dan Disnakertrans Kabupaten Banggai mendukung penuh program pemagangan tersebut," kata Ernaeni.

Act Human Resources Senior Manager DSLNG, Tommy Arihandono, menjelaskan, awalnya program pemagangan operator ini berlangsung selama 1 tahun.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved