Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Hari Ini Selasa 6 Desember 2022, BMKG: 29 Provinsi Waspadai Hujan Lebat & Angin

Prakiraan cuaca hari ini Selasa 6 Desember 2022 di Indonesia, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Imam Saputro
scroll.in
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem. Prakiraan cuaca hari ini Selasa 6 Desember 2022 di Indonesia, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.  

TRIBUNPALU.COM - Prakiraan cuaca hari ini Selasa 6 Desember 2022 di Indonesia, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah. 

Jawa secara umum hujan ringan, namun Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten berpotensi hujan sedang.

Jawa Timur berpotensi hujan lebat.

Sulawesi secara umum cerah berawan, namun Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang.

Dilansir laman resmi BMKG, bibit siklon tropis 96B/Daerah Tekanan Rendah (LPA) terpantau di Laut Andaman yang menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin permukaan (Low Level Jet) di Vietnam, Teluk Thailand, perairan barat Aceh dan Laut Andaman serta membentuk daerah pertemuan disertai perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang Laut Andaman.

Sirkulasi siklonik terpantau di Perairan Barat Sumatera Barat, di Perairan Utara Kalimantan, di Perairan Barat Banten, di Perairan Utara Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, di Jawa Tengah-Jawa Barat hingga Samudra Hindia Selatan Lampung, di Kalimantan Utara hingga Perairan Utara Kalimantan Barat, di Perairan Utara Papua.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di di Kalimantan Barat, Samudra Hindia Barat Sumatera serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Andaman dan di Samudra Pasifik Utara Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Semetara itu, intrusi udara kering/dry intrusion dari BBS melintasi wilayah Australia bagian Utara, Teluk Carpentaria dan Laut Arafuru bagian Selatan serta dari BBU melintasi Samudera Pasifik timur Filipina hingga Filipina yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Riau

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved