Banggai Hari Ini

Siswa SMAN 3 Luwuk Banggai Dibekali Pencegahan Penuluran HIV/AIDS

Memperingati hari Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia setiap 1 Desember, Dinas Pendidikan dan Ke

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Siswa SMA Negeri 3 Luwuk mengikuti sosialisasi penanggulangan dan pencegahan penularan HIV/AIDS. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Memperingati hari Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia setiap 1 Desember, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai menggelar sosialisasi penanggulangan dan pencegahan penularan virus kepada siswa.

Sosialisasi yang mengusung tema "Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri Aids” dan tema lokal “Aku Tahu Aku Cegah” itu dilaksanakan di SMA Negeri 3 Luwuk, Selasa (06/12/2022) pagi.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Banggai, Syafrudin Hinelo, mengatakan, hari AIDS sedunia atau disingkat HAS, pertama kali diperingati pada 1 desember 1988.

“Sejak saat itu setiap 1 Desember diperingati hari AIDS sedunia, pada peringatannya, orang-orang diseluruh dunia menunjukan dukungan bagi mereka yang hidup dengan HIV, juga untuk mengingatkan mereka yang kehilangan nyawa karena AIDS,” tuturnya.

Baca juga: Lestarikan Maleo, Pemerintah Banggai Laut Serahkan Telur Tradisi Tumbe untuk Dikonservasi DSLNG

Momentum hari AIDS ini, kata Syafrudind, apat dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV dan AIDS.

Juga sebagai bentuk kepedulian dan empati masyarakat terhadap orang yang telah terinveksi HIV.

Hari AIDS sedunia merupakan kegiatan bersifat non-politis, yang mengajak semua orang untuk terlibat dalam pemahaman problematika HIV dan AIDS.

Karena itu, mari kita jaga dan terus lakukan sinergitas penggiat HIV dan AIDS dari berbagai elemen masyarakat,” imbau Syafrudin.

Kepala SMA Negeri 3 Luwuk, Anniah, mengucapkan terima kasih karena sekolahnya terpilih sebagai lokasi peringatan hari AIDS sedunia.

Sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi yang diberikan oleh Anggota Komisi Penangulangan Aids Banggai.

"Alhamdulillah sekolah kami juga telah meluncurkan Satgas Anti Narkoba. Kami berharap ini merupakan langkah awal untuk mencegah HIV\AIDS karena ini sangatlah erat kaitannya," kata Anniah.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman positif, banyak sekali agenda OSIS yang dibuat. Selain pencegahan HIV AIDS dan narkoba, OSIS juga menerapkan anti perundungan. 

Diketahui, Komisi Penanggulangan AIDS atau Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) adalah lembaga negara nonstruktural dan independen yang bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan AIDS di Indonesia. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved