Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Kamis 8 Desember 2022, BMKG:25 Daerah Ini Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Prakiraan cuaca hari ini Kamis 8 Desember 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di 25 provinsi di Indonesia yang berpotensi diguyur huja

Penulis: Imam Saputro | Editor: Imam Saputro
scroll.in
Prakiraan cuaca hari ini Kamis 8 Desember 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di 25 provinsi di Indonesia yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir. 

TRIBUNPALU.COM - Prakiraan cuaca hari ini Kamis 8 Desember 2022, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di 25 provinsi di Indonesia yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Dilansir laman resmi BMKG, ada Bibit Siklon Tropis 92W di Samudera Pasifik Utara Papua Barat - Laut Filipina dan membentuk daerah konvergensi memanjang dari Filipina hingga Laut Filipina.

Sistem ini menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (Low Level Jet) di Samudra Pasifik utara Papua - Papua Barat.

Daerah Tekanan Rendah berada di Laut China Selatan yang menyebabkan konvergensi memanjang di Selat Malaka, perairan timur Vietnam, dan dari Laut China Selatan hingga Semenanjung Malaysia, serta daerah konfluensi di Selat Malaka, di Kep. Riau, Semenanjung Malaysia, dan di Laut China Selatan.

Sistem ini menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (Low Level Jet) dari Laut China Selatan hingga Vietnam.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Kamis, 8 Desember 2022 :

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved