Pemilu 2024 Sulteng

526 Anggota PPS Dilantik, Ketua KPU Sigi Akan Evaluasi Penyelenggara Setiap Pekan

Sebanyak 526 Anggota Panitia Pemungutan Suara alias PPS dilantik oleh KPU Kabupaten Sigi, Selasa (24/1/2023).

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
salam
Sebanyak 526 Anggota Panitia Pemungutan Suara alias PPS dilantik oleh KPU Kabupaten Sigi, Selasa (24/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Sebanyak 526 Anggota Panitia Pemungutan Suara alias PPS dilantik oleh KPU Kabupaten Sigi, Selasa (24/1/2023).

Ketua KPU Sigi Soleman mengatakan, Panitia Pemungutan Suara di Kabupaten Sigi harus menjalankan Pakta Integritas saat melaksanakan Tugasnya dalam penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.

"Saya cuma minta satu hal tolong dilaksanakan itu Pakta Integritas dan jaga kepercayaan yang sudah diberikan. Saya selalu mewanti-wanti Penyelenggara saya agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang berakibat kita sebagai penyelenggara pemilu itu tidak bekerja secara profesional dan tidak bisa bertanggung jawab serta tidak memberikan pelayanan yang maksimal kepada pemilih dan peserta pemilu," kata Ketua KPU Sigi Soleman.

Ia menegaskan agar Panitia Pemungutan Suara tidak berkeluh kesah terkait tugas dan tanggungjawabnya. 

"Saya tidak ingin mendengar lagi ada Penyelenggara saya mengeluh, keluhan itu sudah selesai saat bapak ibu ditetapkan. Jadi yang dilakukan saat ini adalah bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Soleman.

Soleman menjelaskan, salah satu kelemahan Penyelenggara Pemilu adalah kurangnya membaca.

"Kelemahan Penyelenggara kita adalah kurangnya membaca, Penyelenggara pemilu di Kabupaten Sigi wajib tahu semua termasuk jadwal tahapan pemilu dan Kurangi menggunakan media sosial yang berpotensi melanggar sumpah pelantikan, ini pesan saya dan saya tidak main-main dengan Penyelenggara. Siapa yang tidak menjalankan perintah ini saya akan berikan sanksi," jelas Ketua KPU Sigi itu.

Pihaknya mengingatkan akan melakukan evaluasi terhadap Anggota PPS setiap bulannya.

Hal itu untuk memastikan Panitia Pemungutan Suara siap menghadapi tahapan-tahapan pemilu 2024.

"Saya akan melakukan evaluasi setiap bulannya kepada anggota PPS melalui PPK dan itu untuk memastikan Penyelenggara saya itu siap," tuturnya. 

Dia menuturkan, Tugas PPS setelah pelantikan adalah melakukan proses rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih.

"Jadi proses rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di Sigi mulai tanggal 26 Januari sampai pelantikan Petugas Pantarlih tanggal 6 Februari 2023, menyampaikan permohonan calon sekretaris dan staf sekretariat PPS kepada kepala desa," sebut Soleman.

"Total yang diumumkan lolos 527 orang namun yang dilantik 526 karena ada yang mengundurkan diri sehingga tidak datang pada saat pelantikan," tutur Soleman. 

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved