Salip Indonesia, Filipina Kini Jadi Negara dengan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi di Asia Tenggara

Presiden Filipina Rodrigo Duterte - Alami lonjakan lebih dari 3.000 kasus dalam sepekan, Filipina kini jadi negara dengan kasus positif Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.

TRIBUNPALU.COM - Sejak 30 Juli hingga hari ini, kasus terkonfirmasi positif virus corona di Filipina melonjak secara signfikan.

Setiap harinya lebih dari 3.000 kasus ditemukan dalam 24 jam, bahkan sempat mencapai angka 6.000 lebih kasus Covid-19 dalam sehari.

Lonjakan kasus itu disinyalir berasal dari 887 klaster kasus yang tersebar secara nasional.

Sementara 315 klaster di antaranya berada di Metro Manila.

Filipina Catat 6.352 Kasus Virus Corona dalam Sehari: Kasus Harian Tertinggi di Asia Tenggara

Dikutip TribunPalu.com dari Rappler, Kementerian Kesehatan Filipina tengah mengawasi perkembangan penyebaran di 887 klaster tersebut.

Para peneliti di negara itu memperkirakan, angka kasus secara nasional dapat terus mencapai 150.000 kasus pada akhir Agustus mendatang, bahkan jika lockdown kembali diterapkan secara efektif dan sangat ketat.

Dengan tingginya angka kasus aktif tersebut, para dokter di Filipina telah mengaku mengibarkan bendera putih dalam menghadapi peperangan melawan pandemi virus corona ini.

Mereka kelelahan dan kewalahan karena pasien yang terus melonjak dari hari ke hari.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Wikimedia Commons via nationalinterest.org)

Dilansir dari ABC News via Kompas.com, hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Dokter Filipina, Jose Santiago dalam surat terbukanya kepada Presiden Rodrigo Duterte, Minggu (2/8/2020).

"Petugas kesehatan kami kelelahan dengan jumlah pasien yang tampaknya tak berujung dan terus berdatangan ke rumah sakit kami," kata Jose Santiago.

Halaman
1234

Berita Populer