Beredar Kolase Foto Wapres dengan 'Kakek Sugiono', Wamenag: Tak Dilandasi Akhlak dan Etika

Drs H Zainut Tauhid

TRIBUNPALU.COM - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengingatkan, pentingnya masyarakat menjaga etika dalam bersosial media.

Hal itu menyusul ramainya perbincangan atas munculnya kolase foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan animasi seorang yang dikenal dalam film porno dengan sebutan 'Kakek Sugiono'.

"Kami belum tahu motif pelaku yang membuat dan mengunggah kolase foto tersebut di media sosial. Tapi apapun motifnya, itu adalah cermin dari pemanfaatan media digital yang tidak dilandasi akhlak dan etika," kata Zainut dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (1/10/2020).

Kolase foto tersebut awalnya diketahui diunggah oleh pemilik akun Facebook Oliver Leaman S beberapa waktu lalu. Namun, saat ini unggahan itu sudah tidak ada lagi.

Karakteristik Unik Kamu yang Lahir di Bulan Oktober: Pemimpi, Cinta Damai dan Harmonis

Kabar Baik, Menteri Agama Fachrul Razi Telah Sembuh dari Covid-19

Resmi Diperkenalkan, Ini Nama Partai Baru yang Didirikan Amien Rais, Bukan PAN Reformasi

Pemilik akun yang diketahui bernama Sulaiman Marpaung juga telah dilaporkan ke aparat berwajib oleh pimpinan GP Ansor Tanjung Balai pada 25 September yang lalu.

Zainut berharap, agar masyarakat dapat lebih bijak dan tidak mudah termakan informasi palsu ketika berselancar di dunia maya. Sebab, tidak jarang informasi palsu yang disebarkan memancing emosi dan amarah, serta menumbuhkan kebencian.

Hal itu kemudian, imbuh Wamenag, yang mendorong seseorang melakukan tindakan yang tidak semestinya.

"Saya menduga pelaku termakan isu hoax dari media sosial," ucapnya.

"Mari, siapapun kita, untuk membiasakan klarifikasi atau tabayyun setiap mendapat informasi, apalagi dari media sosial. Sehingga, kita terjaga dari emosi dan tumbuhnya kebencian kepada seseorang atas informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya," imbuh dia.

Ramalan Zodiak Kesehatan Jumat 2 Oktober 2020: Virgo Jangan Terlalu Lama Berada di Depan Komputer

Zainut pun menyerahkan persoalan ini kepada aparat berwajib. Sebab, jika perbuatan yang dilakukan pelaku tergolong sebagai sebuah tindakan kriminal, maka itu menjadi ranah aparat kepolisian.

"Mereka yang berbuat harus bertanggung jawab. Ketika bersalah, harus berhadapan dengan hukum. Kita semua sama di hadapan hukum," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Kolase Foto Wapres dengan 'Kakek Sugiono', Wamenag Ingatkan Etika Pakai Medsos", 
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Dani Prabowo

Berita Populer