Luhut Minta Warga Tak Panik Soal Varian Omicron, Fadli Zon: yang Bikin Panik Karantina Jadi 7 Hari

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon

TRIBUNPALU.COM - Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon memberikan komentar terkait pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Diketahui Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tak terlalu takut menghadapi penyebaran virus corona varian Omicron di sejumlah negara.

Adapun varian baru virus corona B.1.1.529 atau varian Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan Botswana.

Pada 26 November 2021 Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) meningkatkan status varian baru tersebut menjadi variant of concern.

Sampai hari ini, ada 13 negara sudah melaporkan adanya kasus konfirmasi dan probable corona varian Omicron di negara mereka.

Baca juga: Sambut Baik Kembalinya Fadli Zon di Twitter, Rocky Gerung: Lebih Baik yang Hilang Bamsoet

Selain Afrika Selatan dan Botswana, varian ini ditemukan di antaranya di Jerman, Belgia, Inggris, Israel, Australia, dan Hongkong.

"Saya ingin mengingatkan sekali lagi bahwa masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi varian Omicron ini," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Minggu (28/11/2021) malam.

Luhut memastikan, pemerintah mengambil sejumlah langkah untuk mencegah masuknya varian Omicron ke Tanah Air.

Pertama, melarang warga negara asing (WNA) yang dalam 14 hari terakhir memiliki riwayat perjalanan dari 11 negara yang menjadi sorotan.

Sebelas negara itu yakni Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hongkong.

Halaman
123