Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Hari Ini Sabtu 26 November 2022: 29 Provinsi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Penulis: Imam Saputro
Editor: Imam Saputro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem. Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 26 November 2022 di Indonesia, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem ke 29 provinsi agar waspada hujan lebat

TRIBUNPALU.COM - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 26 November 2022 di Indonesia, BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem ke 29 provinsi agar waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir. 

Dilansir laman resminya, BMKG mengatakan Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Lampung, Laut Arafura, Samudra Pasifik utara Papua, Samudra Hindia barat laut Australia, dan Australia bagian utara, yang membentuk daerah konvergensi memanjang Samudra Pasifik utara Papua, serta daerah konfluensi di Samudra Hindia barat Lampung dan Lampung.

Daerah konvergensi dan konfluensi lain juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Perairan Kep. Mentawai hingga Jambi, Riau hingga Kep. Riau, dari Kep. Bangka Belitung hingga Kalimantan Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Laut Jawa, dari Bali hingga Samudra Hindia selatan NTB, dari NTT hingga Timor Leste.

Selain itu, juga dari Samudra Hindia selatan Bali hingga Laut Sawu, dari Laut Flores hingga Laut Timor, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Tengah hingga Selat Makassar, dari utara Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Laut Banda, di Sulawesi bagian tengah, di Maluku, di Laut Seram, dari Papua Barat hingga Teluk Cendrawasih, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/ konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Sabtu, 26 November 2022 

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

• Jambi

Halaman
12

Berita Terkini