Breaking News:

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Menhub: Jangan Sampai Saya Atur Tarif Subkelas

Mahalnya harga tiket pesawat terbang masih menjadi topik yang hangat di kalangan masyarakat dan membuat Menteri Perhubungan gusar.

skyscanner.co.id
Ilustrasi tiket pesawat. 

TRIBUNPALU.COM - Mahalnya harga tiket pesawat terbang masih menjadi topik yang hangat di kalangan masyarakat.

Apalagi, maskapai penerbangan juga belum seluruhnya menurunkan tarif tiket di sejumlah rute yang diterbangi.

Kondisi ini membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi gusar.

Dia kembali mengeluarkan pernyataan, meminta kepada maskapai penerbangan kooperatif, mendukung keinginan pemerintah menurunkan harga tiket dengan membuat skema tarif subclass pada setiap rute yang diterbangi sehingga pemerintah sebagai regulator tak perlu campur tangan terlalu jauh.

"Saya harapkan tidak saya lakukan, apabila maskapai berikan harga yang bervariasi terutama tarif-tarif yang terjangkau diperbesar," kata Menteri Budi saat ditemui di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (8/4/2019).

"Saya tidak akan lakukan itu, itu terpaksa saya lakukan jangan sampai saya terpaksa lakukan itu," tegasnya.

Terkait tarif batas bawah dan tarif batas atas, Budi memastikan masih sesuai dengan aturan baru yang tertera di Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 yang mengatur besaran tarif per rute.

Dalam aturan itu tarif batas bawah mengalami kenaikan sebesar 5 persen dari aturan sebelumnya.

"Saya akan mengevaluasi dalam satu minggu ke depan," ujar Budi saat ditemui di Kantor IPC 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (7/4/2019).

Maksud dari penerapan tarif bervariasi atau sub kelas tarif (subprice) itu adalah agar masing-masing maskapai bisa memberikan penawaran harga tiket yang bervariasi ke konsumen, mulai dari harga terendah hingga tertinggi.

Harga tiket itu tentunya harus disesuaikan dengan tarif batas atas dan tarif batas bawah yang selama ini diberlakukan.

"Apabila masih tidak tercatat tarif-tarif yang bervariasi (dengan) sebagian yang terjangkau, maka pemerintah akan memberlakukan ketentuan yang berkaitan dengan subprice," kata dia.

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tiket Pesawat Masih Mahal, Menhub: Jangan Sampai Saya Terpaksa Atur Tarif Subclass"

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved