Terkini Palu

48 Warga Binaan Lapas Kelas II A Palu yang Kabur Saat Gempa Belum Kembali

Hingga saat ini sebanyak 48 warga binaan Lapas Kelas II A Palu yang masih berkeliaran. setelah gempa 28 September 2018 lalu

48 Warga Binaan Lapas Kelas II A Palu yang Kabur Saat Gempa Belum Kembali
Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palu, Adhi Yanriko Mastur. 

TRIBUNPALU.COM - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palu, Adhi Yanriko Mastur mengungkapkan, bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencari puluhan warga binaan yang melarikan diri saat bencana 28 September 2018 lalu.

Kata dia, hingga saat ini sebanyak 48 warga binaan Lapas Kelas II A Palu yang masih berkeliaran.

"Dari 48 ini yang terbanyak ialah kasus narkoba, pencurian, sisanya kasus penipuan dan pembunuhan," katanya kepada Tribunpalu.com, Sabtu (20/4/2019).

Kata dia, pihaknya selalu intens berkoordinasi untuk menemukan 48 sisa warga binaan yang melarikan diri ini tersebut.

Salahgunakan Sertifikasi Bawaslu, Situs jurdil2019.org Diblokir Kemenkominfo

Adhi Yarinko menjelaskan, selain tim khusus yang dibentuk oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, pencarian warga binaan tersebut juga telah dikoordinasikan ke Polda Sulawesi Tengah, Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala.

"Begitu juga BNN, kami melebarkan sayap untuk menemukan DPO ini. Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak di mana para DPO ini berada," tuturnya.

Terkait warga binaan yang melarikan diri, kemudian ditangkap karena melakukan tindak kriminal baru, menurut Adhi Yarinko bahwa hukumannya akan ditambah.

Artinya, setelah putusan dan tersangaka tersebut diserahkan ke lapas, maka masa tahanannya akan ditambah dengan huukuman sebelumnya.

"Jadi pidana lama akan ditambah dengan pidana yang baru," katanya.

Suasana depan Lapas Kelas II A Palu, Jl Dewi Sartika, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Suasana depan Lapas Kelas II A Palu, Jl Dewi Sartika, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Adhi Yarinko mengaku bahwa proses proses pencarian warga yang melRikan diri ini terbilang sulit karena 48 DPO sisa dominan warga yang berasal dsri luar Kota Palu.

Warga yang Tinggal di Daerah Patahan Palu Koro Akan Direlokasi oleh BNPB

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved