Kemenkominfo Nyatakan Tak Akan Batasi Medsos pada Hari Putusan MK 27 Juni 2019

Kementerian Komunikasi dan Informatika kemungkinan besar tidak melakukan pembatasan bagi media sosial pada saat MK memutuskan sengketa pemilu 2019

Kemenkominfo Nyatakan Tak Akan Batasi Medsos pada Hari Putusan MK 27 Juni 2019
Kolase SURYAMALANG
Pembatasan akses media sosial oleh Kominfo kemungkinan diterapkan lagi saat sidang sengketa gugatan BPN ke MK, besok Jumat (14/6/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika kemungkinan besar tidak melakukan pembatasan bagi media sosial pada saat Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa hasil Pemilu 2019, akhir bulan Juni mendatang.

Sebab, berdasarkan analisis, penyebaran konten negatif di media sosial setelah tanggal 21-24 Mei 2019 hingga saat ini, cenderung mengalami penurunan.

Jadi, apabila kondisi ini bertahan, Kemenkominfo tidak melakukan pembatasan penggunaan media sosial.

"Kami monitor dari waktu ke waktu ya. Waktu tanggal 21, 22, 23, 24 (Mei), grafik (penyebaran konten negatif) meningkat. Nah sekarang ini kita ada di sini (grafik menurun)," ujar Menkominfo Rudiantara saat dijumpai di Istana Presiden Jakarta, Senin (24/6/2019).

"Kalau sudah begini, apa tetap mau dibatasin? Ada alasan enggak pembatasan kalau sudah turun begini? Ya enggak usahlah ya tentunya," lanjut dia.

Soal penyebaran konten negatif di media sosial yang bergantung kepada momentum tertentu, Rudiantara tidak mau berandai-andai. Menurut dia, pembatasan tersebut harus didasarkan pada data dan analisis, bukan sekadar perkiraan-perkiraan saja.

Ia juga menolak menjawab saat ditanya apakah Kemenkominfo memperkirakan penyebaran konten negatif akan meningkat pada saat MK memutuskan sengketa hasil Pemilu 2019.

"Janganlah kita ini berandai-andai. Kita mesti berpikir positif," ujar Rudiantara.

Ia pun mengajak seluruh elemen bangsa bersama-sama menjaga media sosial dari konten negatif.

"Justru saya mengharapkan bantuan dari teman-teman semua menyampaikan, ini tanggung jawab kita semua agar ini tidak naik lagi," ujar Rudiantara.

Halaman
12
Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved