Pendaftar Membludak, PPDB SMA di Sulawesi Selatan Ditunda Sehari

Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan menunda pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA pada hari pertama, Selasa (25/6/2019).

Pendaftar Membludak, PPDB SMA di Sulawesi Selatan Ditunda Sehari
Kemdikbud
Ilustrasi siswa SMA 

TRIBUNPALU.COM - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan menunda pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA pada hari pertama, Selasa (25/6/2019) karena pendaftar di semua sekolah membludak.

Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Sulsel Sabri mengatakan di hari pertama pendaftaran PPDB melalu situs https://ppdbsulsel.epanrita.net, sudah ada 85.000 pendaftar di seluruh sekolah negeri di Sulawesi Selatan.

"Hari pertama pendaftran di semua sekolah terjadi lonjakan pendaftaran dan verifikasi sangat besar. Tercatat sudah hampir 85.000 pendaftar," kata Sabri kepada Kompas.com, Rabu (26/6/2019).

Jumlah pendaftar yang sangat banyak tersebut itu, kata Sabri membuat kapasitas layanan server yang disediakan sekolah dan tim IT tidak mampu menampung.

Mematikan server pendaftaran PPDB menurut Sabri merupakan upaya preventif Disdik Sulsel untuk mengantisipasi kesalahan-kesalahan seperti salah input dan salah menentukan jarak.

Selain itu, dengan mematikan sementara server dapat mencegah kesalahan eksternal saat lalu lintas data.

"Maka kami melakukan konsolidasi data dan backup data, sehingga bisa aman menuju pengumuman," ungkapnya saat menerangkan alasan penundaan sehari pendaftaran PPDB.

Dengan penundaan selama sehari itu, Sabri mengatakan waktu pendaftaran dan verifikasi online para calon siswa SMA bakal diperpanjang selama sehari.

Sebelumnya, Disdik Sulsel menetapkan batas verifikasi pada 28 Juni 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPDB SMA di Sulawesi Selatan Ditunda Sehari, Ini Alasannya"

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved