Prabowo-Sandi Dikabarkan Absen di Acara Penetapan Presiden Terpilih, Ini Komentar KPU

Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sejauh ini dipastikan tidak menghadiri rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih.

Prabowo-Sandi Dikabarkan Absen di Acara Penetapan Presiden Terpilih, Ini Komentar KPU
Instagram @khmarufamin_
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sejauh ini dipastikan tidak akan menghadiri rapat pleno penetapan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, oleh KPU RI. 

TRIBUNPALU.COM - Pada Minggu (30/6/2019) hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta yang dijadwalkan pada pukul 15:30 WIB.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sejauh ini dipastikan tidak akan menghadiri rapat pleno penetapan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, oleh KPU RI.

Padahal, KPU sengaja mengundang dan menaruh harapan besar kedua pasangan calon untuk datang.

Prinsip yang mereka pegang, mengajak para peserta Pemilu dan umumnya masyarakat luas, sama-sama menyambut presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

"Prinsipnya kita ingin seluruhnya hadir dan sama-sama kita sambut pemimpin baru kita," ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra, di kantornya, Minggu (30/6/2019) siang.

Ilham ingin, representasi kehadiran kedua paslon dalam tahapan pemungkas pesta demokrasi ini bisa dijadikan ajang "fairness" menerima hasil Pemilu dengan lapang dada, terlepas dari ketidaksesuaian hasil yang didapat.

Alur Penetapan Jokowi-Maruf sebagai Presiden dan Wapres hingga Prabowo Dikabarkan Tak Hadir

PFI Salurkan Dana Rp 238 Juta untuk Korban Gempa di Palu

"Kita menginginkan kemudian fairness tercapai kemudian seluruh orang yang berkontestasi hadir dan menerima hasil Pemilu ini, kan idealnya seperti itu," ujar dia.

Lebih lanjut, meski sejauh ini Prabowo-Sandiaga dipastikan tidak hadir. Namun, Ilham mengonfirmasi, para pendukungnya tetap akan hadir dalam rapat pleno nanti.

Diketahui, KPU membagi jatah 20 undangan ke masing-masing pendukung paslon Pilpres 2019 untuk bisa menghadiri penetapan presiden dan wakil presiden sore ini.

"Jumlah pendukung paslon ada 20 masing-masing. Dan saya sudah konfirmasi pendukung paslon 02 akan datang," ungkap dia.

(Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Komentar KPU atas Kabar Absennya Prabowo-Sandi pada Acara Penetapan Presiden Terpilih

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved