Breaking News:

Palu Hari Ini

Kepala Kemenag Kota Palu Sebut Animo Masyarakat untuk Berhaji Cukup Tinggi

Saat ini animo masyarakat Kota Palu untuk mendaftar dan mendapatkan nomor porsi pemberangkatan ibadah haji cukup tinggi.

TRIBUNPALU.COM/Abdul Humul Faaiz
JCH saat ikut pelepasan secara resmi oleh Pemerintah Kota Palu di di halaman kediaman Wali Kota Palu, Minggu (21/7/2019). (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz) 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Saat ini animo masyarakat Kota Palu untuk mendaftar dan mendapatkan nomor porsi pemberangkatan ibadah haji cukup tinggi.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H. Ma’sum Rumi pada pelepasan resmi Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Palu, di halaman kediaman Wali Kota Palu, Minggu (21/7/2019).

Ma’sum Rumi mengatakan jika dirata-ratakan sejumlah 1.500 orang pendaftar tiap tahun.

"Untuk Kota Palu setiap tahun animo masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan nomor porsi kuota haji per tahun rata-rata 1.500 orang," katanya.

Pesan Guru Besar IAIN Palu pada Jemaah Calon Haji: Perhatikan Kesehatan Fisik

Ma’sum Rumi menyebut untuk Kota Palu mendapat kuota JCH tiap tahun rata-rata maksimal berjumlah 750 orang.

Sehingga menjadi hal yang wajar bila pendaftar akan menunggu selama belasan tahun hingga diberangkatkan menuju tanah suci.

"Menjadi kewajaran ketika estimasi daftar tunggu keberangkatan di Kota Palu kurang lebih 13 tahun, baru bisa keluar nomor porsinya untuk berangkat haji," tuturnya.

Ma’sum Rumi juga menegaskan pihak Kemenag Kota Palu akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Haji 2019, Suhu Tertinggi di Madinah Diprediksi Capai 44 Derajat Celcius pada Kamis (18/7/2019)

Mulai dari proses pendaftaran, keberangkatan ke tanah suci hingga pulang ke tanah air dengan sehat.

Untuk itu bagi warga yang dinilai telah mampu secara finansial, Ma’sum Rumi berharap segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor porsi kuota haji.

Untuk diketahui, musim haji tahun 1440 H/2019 M, JCH asal Kota Palu yang berangkat sejumlah 716 orang.

Jumlah tersebut terhitung dari total 2.250 JCH asal Provinsi Sulteng.

"JCH Kota Palu akan dibagi ke seluruh kloter JCH asal Sulteng, yakni kloter 7, 8, 9, 10 dan 11 Embarkasi Balikpapan," pungkas Ma'sum. (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Penulis: Faiz Sengka
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved