Tips Kesehatan

Apakah Kebiasaan Minum Air Putih di Pagi Hari Baik untuk Tubuh? Ini Jawabannya

Klaim terbaru tentang air minum di waktu tertentu dalam sehari, terutama di pagi hari dapat meningkatkan kelangsungan hidup

Apakah Kebiasaan Minum Air Putih di Pagi Hari Baik untuk Tubuh? Ini Jawabannya
bali.tribunnews.com
Meski air hangat bukan yang paling enak, ada banyak alasan untuk mulai rutin minum air putih hangat setiap pagi. Di antaranya dapat redakan nyeri haid hingga sukseskan dietmu. 

TRIBUNPALU.COM - Enam puluh persen dari tubuh manusia terdiri dari air, sehingga memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh sangat penting bagi kesehatan.

Klaim terbaru tentang air minum di waktu tertentu dalam sehari, terutama di pagi hari dapat meningkatkan kelangsungan hidup.

Namun, beberapa penelitian berpendapat bahwa kontribusi air terhadap kesehatan seperti rehidrasi, penurunan berat badan, peningkatan kinerja mental, dan detoksifikasi bisa dilakukan kapan saja dalam sehari.

Karena itu, minum air tidak harus hanya di pagi hari. Biasanya beberapa orang menilai dirinya mengalami dehidrasi, karena urine mereka tampak gelap.

Tapi dalam satu studi, yang menganalisis berbagai status hidrasi dan asupan cairan pada 164 orang dewasa menunjukkan, bahwa meskipun ada peningkatan asupan air dalam beberapa jam pertama setelah bangun tidur, tingkat hidrasi mereka tidak terpengaruh secara signifikan oleh hal tersebut.

5 Tips Mudah Membulatkan Bakso, Dijamin Bisa dan Berhasil

Ramalan Zodiak Cinta Para Jomblo Selasa 5 November 2019 Aries Perlu Selesaikan Masalah dengan Mantan

Ini menunjukkan, bahwa minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari tak menjamin tubuh terhidrasi dengan baik, sekalipun urine berwarna terang.

Karena itu, yang terbaik adalah setiap kali merasa haus, segera minum air yang cukup.

Rasa haus adalah sensasi yang ditunjukkan tubuh saat membutuhkan air dan itu bisa terjadi sepanjang hari, tidak hanya di pagi hari.

Studi lain menunjukkan, bahwa asupan air berpotensi meningkatkan laju metabolisme orang dewasa sekitar 24 hingga 30 persen, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Selain itu, sekitar 48 kalori dibakar hanya dengan minum air dua kali lipat dari jumlah asupan normal setiap hari.

Halaman
12
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved