Terkini Daerah

Dipolisikan Karena Meme Joker Anies Baswedan, Ade Armando Dicecar 16 Pertanyaan Polda Metro Jaya

Dalam pemeriksaannya, Ade dicecar 16 pertanyaan terkait pribadi dan unggahan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyerupai Joker.

Dipolisikan Karena Meme Joker Anies Baswedan, Ade Armando Dicecar 16 Pertanyaan Polda Metro Jaya
KOMPAS.com/WALDA MARISON
Tangkapan layar postingan foto Anies Baswedan diubah menjadi mirip Joker di laman Facebook Ade Armando, Sabtu (2/11/2019) 

TRIBUNPALU.COM - Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando telah diperiksa penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Rabu (20/11/2019).

Dalam pemeriksaannya, Ade dicecar 16 pertanyaan terkait pribadi dan unggahan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyerupai Joker.

"Kalau total sekitar ada 16 pertanyaan. Tapi yang menyangkut secara spesifik tentang tuduhannya Bu Fahira itu, sekitar enam atau tujuh pertanyaan," kata Ade usai pemeriksaan.

Menurut Ade, dalam pemeriksaan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut penyidik memintanya menjelaskan meme Anies yang dirupai Joker.

Bukan saja soal bagaimana mendapatkan foto, melainkan juga siapa yang mengubahnya.

"Intinya adalah saya dituduh dengan sengaja mengubah, merusak, menambahkan, mengurangi sebuah foto resmi dari Pak Anies Baswedan sehingga dia menyerupai tokoh joker. Itu pasal yang dituduhkan. Saya ingin menjelaskan yang melakukan bukan saya. Saya ambil dari sebuah gambar di galeri kamera saya bahkan sudah saya hapus," katanya.

Fraksi PDIP Sebut Anies Baswedan Ingkari Janji Kampanye dengan Lakukan Penggusuran di Sunter

Warga Sunter Kecewa Digusur Setelah Dukung Anies Baswedan, Walikota Jakut: Ikut Pemilu Saja Nggak!

Pertanyaan pribadi lainnya, kata Ade, berkaitan dengan pribadi.

Salah satunya kepemilikan akun media sosial yang mengunggah meme Joker Anies Baswedan tersebut.

"Itu akun Facebook saya, saya sendiri yang meng-upload-nya, jadi bukan melalui admin. Jadi saya sadar itu saya lakukan tidak ada perubahan di situ. saya ditunjukan foto dari facebook saya, saya bilang itu benar Facebook saya," ucapnya.

Sebelumnya, anggota DPR RI Fahira Idris melaporkan dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando karena mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sudah dimodifikasi menjadi mirip Joker.

Sebelum Meninggal, Cecep Reza Bombom Sempat Niatkan Diri Berobat ke Dokter Terawan

Ade dilaporkan atas dugaan perubahan terhadap bentuk dokumen dan atau informasi elektronik atas foto Anies.

Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019.

Dalam laporannya, Fahira membawa sejumlah barang bukti diantaranya tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade Armando itu.

Ade pun disangkakan pasal 32 Ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ade Armando Dicecar 16 pertanyaan Terkait Kasus Meme Joker Anies Baswedan", 

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved