Kemenhub dan ADB Akan Bangun 1 Bandara dan 3 Pelabuhan di Sulteng Senilai 100 Juta Dolar

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus melanjutkan proyek pembangunan konektivitas di daerah Sulawesi dan Kalimantan.

Kemenhub dan ADB Akan Bangun 1 Bandara dan 3 Pelabuhan di Sulteng Senilai 100 Juta Dolar
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Aktivitas pemudik di depan ruang keberangkatan Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Jumat (31/5/2019) sore. 

TRIBUNPALU.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus melanjutkan proyek pembangunan konektivitas di daerah Sulawesi dan Kalimantan.

Untuk itu, dia pun meminta bantuan Asian Development Bank ( ADB) untuk mengucurkan dana senilai 300 juta dollar AS sehingga pembangunan di 2 kawasan itu bisa segera rampung. Pihak ADB pun menyetujui pendanaan itu.

"Indonesia mengusulkan dan meminta bantuan ADB agar dapat dikembangkan suatu portal sehingga dapat diakses di semua negara anggota," kata Budi usai menghadiri pertemuan antar Menteri Perhubungan BIMP-EAGA di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Lebih rinci, Budi menuturkan Kementerian Perhubungan dan ADB akan membangun 1 bandara dan 3 pelabuhan yang sebelumnya terdampak bencana tsunami di Palu dan Donggala.

"Kami bangun Pelabuhan Pantoloan di Palu, pelabuhan di Donggala, dan pelabuhan di dekat Pantoloan untuk kapal-kapal tongkang. Dan satu lagi bandara di Palu, yaitu Bandara Mutiara," ucap Budi.

Pembangunan itu akan memakan biaya sekitar 100 juta dollar AS. Angka ini bertambah 30 juta dollar AS dari yang sebelumnya sebesar 70 juta dollar AS.

Sementara pembangunan di Kalimantan tahun 2021-2022 akan memakan biaya sebesar 200 juta dollar AS.

Budi yakin, pembangunan itu memiliki banyak manfaat.

Selain memperbaiki sarana publik usai tsunami, pembangunan juga memperkuat potensi Palu sebagai daerah penopang ibu kota baru.

"Kami bangun karena tsunami kemarin. Dan potensinya di Palu jadi bisa support IKN baru. Jadi kami kerjasama dengab EDB, membuat desainnya tahun 2020 akan kita mulai," pungkas Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bangun Sulawesi dan Kalimantan, ADB Siap Gelontorkan Dana 300 Juta Dollar AS"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved