Breaking News:

Bambang Widjojanto Kritisi Wacana Pembebasan Koruptor: Pertanyannya, Siapa Lawan, Siapa Kawan

Eks Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kritisi wacana Yasonna Laoly yang ingin membebaskan narapidana kasus korupsi di tengah pandemi Covid-19.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Eks Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kritisi wacana Yasonna Laoly yang ingin membebaskan narapidana kasus korupsi di tengah pandemi Covid-19. 

TRIBUNPALU.COM - Wacana Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang ingin membebaskan sebagian narapidana kasus korupsi dengan alasan mencegah penularan Covid-19 di penjara mengundang kritik dari berbagai pihak.

Satu di antara kritik datang dari mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto.

Menurut pria yang biasa dipanggil BW itu, rencana Yasonna membebaskan para napi korupsi seolah menunggangi musibah Covid-19.

"Usulan kebijakan ini jelas sangat diskriminatif, elitis, dan eksklusif khas oligakis serta secara terang dapat dituduh sebagai merodok karena menunggangi musibah Covid-19," kata BW dalam keterangan tertulis, Jumat (3/4/2020).

Najwa Shihab Emosi Dengar Wacana Yasonna Laoly Bebaskan Koruptor saat Wabah Corona: Nanti Dulu!

PT KAI Perpanjang Masa Pengembalian 100 Persen Tiket Kereta hingga 4 Juni Mendatang

Update Covid-19 secara Global, Per 4 April 2020: Kasus Kematian di Lima Negara Lampaui China

BW mengatakan, usulan itu diskriminatif karena narapidana yang mestinya dibebaskan adalah narapidana kasus kriminal yang menghuni sel secara berhimpitan.

Sementara itu, menurut BW, sebagian narapidana kasus korupsi menempati sel khusus tanpa mesti berdesak-desakan seperti narapidana umum lainnya.

"Ada informasi, sebagian besar napi korupsi, apalagi yang berada di LP Sukamiskin diduga menempati sel 'khusus' yang cukup memenuhi syarat terjadinya social distancing," ujar BW.

Ia turut menyoroti pernyataan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang tidak secara tegas menolak wacana Yasonna tersebut.

Ia membandingkannya dengan sikap Wadah Pegawai KPK yang tegas menyatakan, "Jangan jadikan pandemi Civid19 sebagai kendaraan koruptor untuk bebas".

"Fakta ini punya indikasi untuk menjelaskan pertanyaan, siapa sahabat koruptor dan siapa yang ingin melawan sikap koruptif secara konsisten?" kata BW.

Kisah di Balik Foto 2 Pocong di Gapura: Disebut Jaga Karantina Wilayah, Berawal dari Foto Viral 2019

Luhut Binsar Pandjaitan Jawab Tudingan Datangkan TKA asal China: Tidak Mengenal Saya dengan Baik

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved