Ramadhan 2020

Niat dan Tata Cara Membayar Utang Puasa Ramadhan, Bisa dengan Puasa Qodho atau Bayar Fidyah

Berikut niat dan tata cara membayar utang puasa Ramadhan, bisa dengan puasa qodho atau bayar fidyah lengkap dengan besaran hingga bacaan niatnya.

zakat.or.id
Ilustrasi buka puasa - Berikut niat dan tata cara membayar utang puasa Ramadhan, bisa dengan puasa qodho atau bayar fidyah lengkap dengan besaran hingga bacaan niatnya. 

TRIBUNPALU.COM - Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat Muslim.

Namun dalam beberapa kasus, terkadang seseorang tidak melaksanakan ibadah puasa dengan berbagai alasan.

Misalnya, saat dalam kondisi sakit dan mengharuskannya mengkonsumsi obat-obatan.

Dengan alasan inilah, dalam aturan puasa Ramadhan terdapat kelonggaran bagi orang yang memang masuk dalam golongan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Golongan tersebut ada empat, yakni orang yang sedang sakit, seorang musafir, lansia atau sepuh, dan wanita hamil serta menyusui.

Namun, bukan berarti keringanan ini menjadi hal yang disepelekan.

Sebab, Anda harus tetap bahkan wajib mengganti utang puasa Ramadhan Anda yang sebelumnya batal atau tidak dilaksanakan.

Jumlah puasa pengganti pun harus sama dengan jumlah utang puasa.

Buka puasa dengan kurma sebaiknya ganjil, 3 buah kurma cukup
Ilustrasi (Rawpixel/iStockphoto)

Aturan ini tertuang dalam Alquran surat Al Baqarah atyat 184 tentang kewajiban membayar utang puasa Ramadhan yang ditinggalkan.

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved