Sabun Pencuci Piring Bisa Bunuh Kuman dan Virus? Simak Cara Efektif Mencuci Piring hingga Bersih

Bagaimana menghilangkan kuman, bakteri, dan virus pada perabotan makan di rumah? Apakah sabun cuci piring bisa membunuh virus, khususnya Covid-19?

reviewed.com
ILUSTRASI mencuci piring. Bagaimana menghilangkan kuman, bakteri, dan virus pada perabotan makan di rumah? Apakah sabun cuci piring bisa membunuh virus, khususnya Covid-19? 

TRIBUNPALU.COM - Di tengah merebaknya wabah virus corona Covid-19, mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik menjadi salah satu cara efektif untuk membunuh kuman.

Namun, muncul satu pertanyaan lain, yakni bagaimana menghilangkan kuman, bakteri, dan virus pada piring atau perabotan makan di rumah?

Sebuah artikel di laman This is Insider telah membahas tentang pertanyaan apakah sabun pencuci piring efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Selain itu, juga membahas cara tepat untuk mencuci piring hingga bersih dan tanpa kuman.

Sumber asli artikel ini telah ditelaah secara medis oleh Graham Snyder, MD, MS, direktur di cabang Medical Center, Pencegahan Infeksi dan Rumah Sakit Epidemiologi di University of Pittsburgh.

Gara-gara Virus Corona, Pertamina Cetak Rekor Penjualan BBM Terendah Sepanjang Sejarah

Soroti Keinginan Jokowi Soal Transparansi Data Covid-19, Wali Kota Solo: Transparan Bagaimana?

Ratusan Relawan di Jakarta Bersedia Jadi Teman Ngobrol ODP dan PDP Covid-19 yang Jalani Karantina

ILUSTRASI mencuci piring.
ILUSTRASI mencuci piring. (reviewed.com)

Sabun pencuci piring tetap bisa membunuh kuman dan virus.

Fungsi utama sabun pencuci piring adalah menghilangkan sisa lemak, minyak, dan makanan dari perabotan makan, alat masak, dan piring.

Namun, sabun ini juga cukup efektif menghilangkan kuman dan virus dari peralatan makan, kata Joy Phillips, PhD., seoran asisten penelitian dan profesor imunologi di San Diego State University.

Seperti sabun cuci tangan, sabun pencuci piring tidak membunuh bakteri, tetapi bisa melepaskannya dari permukaan apa pun, sehingga bisa ikut terbilas oleh air.

Joy Phillips mengatakan, sabun apa pun akan dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan bakteri dan menonaktifkan virus.

Halaman
1234
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Imam Saputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved