Breaking News:

Pendaftaran Gelombang II Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini? Simak Penjelasan Pemerintah

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan waktu pendaftaran gelombang II

Editor: Imam Saputro
prakerja.kemnaker.go.id via Kompas.com
ILUSTRASI kartu prakerja. 

TRIBUNPALU.COM -  Pemerintah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II.

Rencananya, pendaftaran gelombang II Kartu Prakerja dibuka hari ini, Senin (20/4/2020), di laman resmi Prakerja.go.id.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah pendaftaran gelombang II Kartu Prakerja sudah bisa dimulai hari ini.

"Kami masih fokus menyelesaikan pengalokasian kartu prakerja gelombang pertama. Jika gelombang kedua telah dibuka, akan diumumkan ke publik," kata Panji dalam keterangannya.

Melihat data pada batch pertama pendaftaran Kartu Pekerja yang sudah ditutup, ada 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi NIK.

Lalu, sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem sebagai peserta gelombang pertama Kartu Prakerja sebanyak 200.000 orang.

Setiap minggunya, mulai dari 11 April 2020 sampai minggu keempat November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, dalam 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu.

Lebih lanjut, sebanyak 1,87 juta orang yang lolos dalam tahap awal di gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya, meski tak lolos saat seleksi 200.000 orang penerima manfaat.

Bahkan pada gelombang kedua, 1,87 juta peserta itu tidak perlu daftar ulang dari awal. Calon peserta akan menerima e-mail berisi situs peladen (link) untuk mengikuti daftar Kartu Prakerja gelombang II, begitu pun seterusnya.

Ada beberapa pilihan pelatihan yang bisa diambil sesuai dengan minat peserta Kartu Prakerja 2020. Tujuan pelatihan Kartu Prakerja yakni memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri dan wirausaha.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved