Fenomena Alam

Catat Jam dan Tempat Terbaik untuk Lihat Hujan Meteor Lyrids Malam Ini di Langit Indonesia

Catat waktu dan tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena puncak hujan meteor Lyrids di langit Indonesia. Jangan lupa baca doanya saat melihatnya.

Kompas.com
Hujan meteor Lyrid 2013 - Catat waktu dan tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena puncak hujan meteor Lyrids di langit Indonesia. Jangan lupa baca doanya saat melihatnya. 

TRIBUNPALU.COM - Kabar baik untuk Anda yang sedang jenuh diam di rumah, sebab sebuah fenomena langka akan bisa disaksikan di langit Indonesia.

Fenomena tersebut adalah hujan meteor Lyrids.

Hal tersebut dijelaskan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bahwa hujan meteor ini berlangsung setiap tahun mulai tanggal 16-25 April.

Namun pada tahun ini, hujan meteor Lyrids akan terjadi hari ini, tepatnya pada malam tanggal 22 dan pagi dini hari tanggal 23 April 2020.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Bidang Desiminasi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa), Dr Emauel Sugging Mumpuni partikel debu yang cerah itu ditinggalkan oleh meteor yang ditemukan pada tahun 1861 bernama komet C/1861 G1 Thatcher.

Terkadang meteor ini bisa menghasilkan jejak debu cerah yang bisa bertahan selama beberapa detik.

Fenomena hujan meteor Lyrids yang berasal dari konstelasi Lyra ini bisa muncul di langit manapun.

Puncak Hujan Meteor Lyrids Malam Ini Terjadi di Langit Indonesia, Bisa Disaksikan di Mana Saja?

Fenomena ini makin apik sebab hampir berbarengan dengan fenomena bulan baru sehingga berpotensi menghasilkan pemandangan meteor Lyrids yang indah.

Hal itu dikarenakan bulan yang hampir baru memiliki kadar cahaya yang gelap sehingga debu cerah meteor akan terlihat lebih jelas.

"Bulan yang hampir baru akan memastikan langit gelap untuk pertunjukan yang baik tahun ini," ujar Emauel Sugging Mumpuni.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved