Breaking News:

Besok Transportasi Mulai Beroperasi, Yunarto Wijaya Sentil Menhub: Jelaskan ke Publik Apa Logikanya?

Pelonggaran transportasi ini dirasa Yunarto Wijaya sebagai langkah yang kontradiktif saat seharusnya pemerintah kian memperketat aturan larangan mudik

Kolase TribunPalu.com - Kompas.com x chartapolitika.com
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya - Pelonggaran transportasi ini dirasa Yunarto Wijaya sebagai langkah yang kontradiktif saat seharusnya pemerintah kian memperketat aturan larangan mudik 

TRIBUNPALU.COM - Di tengah pandemi Covid-19  yang kasusnya kian meningkat dan PSBB yang diterapkan di Indonesia, Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) membuat kebijakan melonggarkan moda transportasi untuk beroperasi lagi.

Menhub Budi Karya Sumadi merencanakan seluruh moda transportasi akan kembali beroperasi mulai Kamis (7/5/2020) besok.

Rencana ini berdasarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dan Surat Edaran dari Menko Perekonomian.

Hal tersebut  dikatakan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja virtual dengan Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020).

"Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut bus, untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan," kata Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Namun, kelonggaran transportasi ini disebutkan Budi Karya Sumadi bukan sebagai perizinan mudik Lebaran 2020.

"Rencananya operasinya mulai besok, pesawat dan segala macamnya dengan orang-orang khusus. Tapi enggak ada mudik," lanjutnya.

Kasus Corona Masih Tinggi,DPR Bingung oleh Kebijakan Kemenhub yang Buka Kembali Layanan Transportasi

Tak hanya itu melarang adanya pemudik, Budi Karya Sumadi juga menyempitkan penggolongan orang yang diperbolehkan bepergian dengan moda transportasi tersebut.

Ia mengatakan, kriteria itu disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Yang kedua, BNPB akan memberikan kriteria. Di sini ada kriteria tertentu, nanti BNPB sama Kemenkes bisa menentukan dan bisa dilakukan," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved