Breaking News:

Peneliti UKSW Prediksi Akhir Agustus 2020 Indonesia Kembali Normal dari Covid-19

Ketua Tim Peneliti Dr. Suryasatriya Trihandaru mengatakan hasil perhitungan menggunakan data 7 Mei jumlah pasien positif Covid-19 secara nasional

Shutterstock
Virus Corona 

TRIBUNPALU.COM- Tim Peneliti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga memprediksi Indonesia telah mencapai titik puncak jumlah pasien positif Covid-19 akhir April lalu.

Sehingga diprediksi  Agustus 2020 mendatang Indonesia akan kembali normal.

Ketua Tim Peneliti Dr. Suryasatriya Trihandaru mengatakan  hasil perhitungan menggunakan data 7 Mei jumlah pasien positif Covid-19 secara nasional akan mencapai 20 ribu kasus, dengan angka kematian 1.600.

"Pada penelitian ini dengan model dasar SEIR puncak penyebaran terjadi pada akhir April lalu. Dengan demikian diprediksikan keadaan akan normal kembali pada pertengahan Agustus tahun ini,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Senin (11/5/2020).

Prediksi ini merupakan hasil penelitian tim rekomendasi gabungan mulai ahli ekonomi, sosial, politik dan kesehatan UKSW.

Menurut Suryasatriya, dari data yang diolah juga menunjukkan angka pertambahan kasus positif terjadi pada 28 April lalu.

Setelah melalui puncak, jumlah kasus berkurang terus menerus hingga berakhir sekitar 21 Agustus 2020.

Kemenag Persiapkan Relaksasi PSBB untuk Rumah Ibadah di Tengah Pandemi Corona

Jika dihitung secara kumulatif, maka akan mencapai jumlah maksimum sekitar 20 ribu kasus positif Covid-19.

Ia menambahkan, selain prediksi umum, tim juga mengkaji prediksi untuk daerah Jawa Tengah.

Data menunjukkan, Jawa Tengah sempat dihantui angka orang dalam pengawasan (ODP) yang tinggi dan juga arus mudik yang besar.

“ODP Jateng jumlahnya dipengaruhi juga oleh kebijakan stop mudik dari pemerintah. Prediksi yang baru, jumlah positif di provinsi ini mencapai 1.300 kasus dan puncaknya di akhir April juga.

Halaman
12
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved