Studi Harvard: Citra Satelit Tunjukkan Kemungkinan Covid-19 Menyebar di China Sejak Agustus 2019

Studi dari Harvard Medical School menunjukkan, SARS-CoV-2 kemungkinan menyebar di China sejak Agustus 2019.

thejournalofmhealth.com
ILUSTRASI tes swab Covid-19. Studi dari Harvard Medical School menunjukkan, SARS-CoV-2 kemungkinan menyebar di China sejak Agustus 2019. 

TRIBUNPALU.COM - Wabah virus corona Covid-19 yang menyebar begitu cepat ke ratusan negara di seluruh dunia membuat para peneliti penasaran mengenai kapan sebetulnya penyakit ini bermula.

Sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan, SARS-CoV-2 kemungkinan menyebar di China sejak Agustus 2019.

Artinya, wabah ini sudah menyebar beberapa bulan sebelum diduga merebak di Wuhan.

Harvard Medical School mempublikasikan hasil risetnya itu pada Selasa (9/6/2020).

Riset menunjukkan adanya peningkatan kunjungan ke rumah sakit Wuhan, kota di bagian tengah China, di mana SARS-CoV-2 berasal.

Peningkatan pasien berkorelasi sangat erat dengan meningkatnya pencarian di internet dengan kata kunci yang mempunyai relasi dengan gejala Covid-19 mulai Agustus 2019.

Update WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Rabu, 10 Juni 2020: 8 WNI di Vatikan Dinyatakan Sembuh

Update Covid-19 Indonesia Rabu, 10 Juni 2020: Tambah 1.241 Kasus Baru, 715 Pasien Dinyatakan Sembuh

Riset Satu Bulan, Dosen UK Petra Prediksi Akhir Wabah Virus Corona Covid-19 di Indonesia

Para peneliti menggunakan citra satelit dari tempat parkir rumah sakit di Wuhan dan menganalisis data dari mesin pencari buatan China, Baidu, dengan terminologi yang mempunyai kaitan dengan Covid-19, seperti batuk atau diare.

“Meningkatnya lalu lintas di rumah sakit dan pencarian data simtom di Wuhan mendahului dokumentasi dimulainya pandemi SARS-CoV-2 pada bulan Desember," demikian hasil riset tersebut.

Konsensus ilmiah asal patogen Riset Harvard itu berbasis pada meningkatnya riset yang dilakukan untuk melacak apakah SARS-CoV-2 sudah menyebar di China sebelum pandemi Wuhan bisa diidentifikasi.

“Kami memang tidak bisa mengonfirmasi, apakah meningkatnya volume itu mempunyai kaitan langsung dengan virus baru. Tapi, bukti yang kami kumpulkan mendukung penelitian terbaru lainnya, yang menunjukkan bahwa kemunculan penyakit terjadi sebelum identifikasi di pasar ikan Huanan," tulis ahli dalam laporannya.

Konsensus ilmiah terkait asal mula pandemi Covid-19 saat ini adalah, patogen SARS-CoV-2 mampu melompat dari binatang inang ke manusia di pasar ikan Huanan di Wuhan.

Virus kemudian menyebar dengan cepat pada populasi warga Wuhan dan kawasan sekitar di Provinsi Hubei, sebelum otoritas China memberlakukan lockdown hampir total pada pergerakan dan kehidupan publik.

Namun, para peneliti dari Harvard menunjukkan, studi epidemiologi awal, yang mengidentifikasi pasar Huanan sebagai sumber wabah, termasuk beberapa pasien Covid-19 yang tidak melakukan kontak dengan pasar, membuka adanya kemungkinan alternatif dari titik asal mula virus dan infeksi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Virus Corona Diduga Menyebar di China sejak Agustus 2019, Ini Buktinya"

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved