Breaking News:

Soal Tagihan Melonjak, Sudjiwo Tedjo Usul: Tarif Listrik Mulai Diajarkan di Fisika SMA, Ini Mendesak

Tanggapi soal perdebatan tagihan listrik yang melonjak, Sudjiwo Tedjo beri usulan agar penghitungan tarif listrik mulai diajarkan di fisika SMA.

TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Tanggapi soal perdebatan tagihan listrik yang melonjak, Sudjiwo Tedjo beri usulan agar penghitungan tarif listrik mulai diajarkan di fisika SMA. 

TRIBUNPALU.COM - Belakangan ini ramai diperbincangkan publik soal kenaikan tarif dasar listrik di tengah pandemi Covid-19 ini.

Aksi protes pun dilayangkan berbagai pihak yang menuntut kejelasan dan transparasi besaran tarif listrik oleh PLN.

Menanggapi isu ini, seniman multitalenta Sudjiwo Tedjo pun angkat bicara.

Meskipun tak secara gamblang mengajukan protes, tetapi ia turut memberikan usulan yang menarik soal lonjakan biaya listrik saat ini.

Melalui akun Twitter pribadinya, Sudjiwo Tedjo menilai perdebatan ini seharusnya dilandasi dengan pengetahuan dasar soal fisika.

Budayawan Sudjiwo Tedjo.
Budayawan Sudjiwo Tedjo. (Instagram/president_jancukers)

Tren Pamer Foto Wisuda, Sudjiwo Tedjo Puji Mahasiswa Drop Out: Penjebol Sejarah jadi New Mainstream

Menurutnya, selama ini dalam kancah pendidikan kelistrikan dalam studi fisika hanya sebatas teori, misalnya medan listrik, muatan listrik, hingga Hukum Coulomb.

"Orang2 yang sekarang berdebat soal tarif listrik adalah orang2 yang ketika fisika SMA-nya dulu cuma diajar Medan Listrik, Muatan Listrik, Hukum Coulomb dll," tulis @sudjiwotedjo, Kamis (11/6/2020).

Sementara, yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana cara membaca penghitungan dari daya listrik sehingga mendapatkan besaran tarif yang akan dibebankan kepada penggunanya.

Menurut Sudjiwo Tedjo pengetahuan terkait tarif listrik sebaiknya mulai diajarkan dalam mata pelajaran fisika di jenjang SMA.

Bahkan, baginya pengetahuan dasar itu sangat mendesak untuk kepentingan bangsa dan negara.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved