Breaking News:

Daftar Keluarga Presiden, Wapres dan Menteri yang Maju Pilkada 2020: Ada Gibran & Bobby Nasution

Berikut daftar nama anggota keluarga pejabat negara yang ikut memeriahkan Pilkada 2020.

Kompas.com/Deti Mega Purnamasari
Gibran Rakabuming Raka tiba di kediaman Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10/2019) 

TRIBUNPALU.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dimeriahkan oleh sejumlah anggota keluarga pejabat negara.

Anak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga turut memeriahkan pemilihan kepala daerah 2020. Aji mumpung bapak petinggi negeri.

Anak Jokowi, Gibran Rakabuming akan maju di Pemilihan Wali Kota Solo.

Sementara Siti Nur Azizah Ma'ruf bakal maju di Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan. 

Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan hal ini menjadi fenomena baru dalam varian politik dinasti Indonesia.

Terkhusus untuk Gibran, karena untuk pertama kalinya keluarga presiden yang masih menjabat ikut serta dalam perhelatan kontestasi elektoral Pilkada serentak 2020.

"SebagaI presiden yang masih menjabat, semestinya keluarga inti Jokowi harus menjaga jarak dari politik praktis," ujar Pangi.

Demi menghindari konflik kepentingan dan potensi penyalahgunaan kekuasaan serta memanfaatkan pengaruh presiden untuk kepentingan pribadi terkait kontestasi yang akan mereka ikuti.

Secara hukum, kata Pangi, memang tidak ada aturan yang dilanggar dan membatasi siapapun termasuk anak atau keluarga presiden sekalipun untuk terlibat dalam politik praktis.

"Namun, tersandera soal etika dan kepatutan, semestinya harus dipertimbangkan matang. Jangan terkesan seperti fenomena 'politik aji mumpung' kebetulan bapak lagi jadi presiden," tutur Pangi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved