Breaking News:

Idul Adha 2020

Umat Muslim di Australia Gelar Salat Idul Adha dengan Utamakan Konsep Social Distancing

Melansir ABC Australia, sebanyak 400 orang diizinkan shalat di dalam Masjid Auburn Gallipoli di Sydney Barat

BBC Australia
Auburn Gallipoli Mosque, Sydney Barat, Australia tetap menyelenggarakan ibadah shalat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona 

TRIBUNPALU.COM - Ratusan jemaah Muslim melaksanakan shalat Idul Adha atau hari raya kurban di Masjid Sydney, Australia setelah pemerintah New South Wales membebaskan mereka dari aturan ketat pencegahan virus corona.

Melansir ABC Australia, sebanyak 400 orang diizinkan shalat di dalam Masjid Auburn Gallipoli di Sydney Barat di bawah kebijakan 'pengecualian' satu kali yang diberi oleh Menteri Kesehatan NSW, Brad Hazzard.

Sebelumnya, jika didasarkan pada aturan ketat pencegahan virus corona, seluruh tempat ibadah dibatasi hanya boleh diisi oleh maksimal 100 orang. Atau 1 orang per empat meter persegi.

Meski begitu, pimpinan masjid, Dr Abdurrahman Asaroglu mengatakan bahwa ibadah shalat Idul Adha atau hari raya kurban tetap berjalan sesuai protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, mengisi formulir dan diwajibkan pula memakai masker.

Para jemaah di masjid diharapkan bisa membawa sajadah mereka masing-masing dan menjaga jarak sosial antara satu sama lain selama beribadah.

Salah Satu Tersangka Pencemaran Nama Baik Ahok Minta Maaf, Sebut Tidak Ada Tunggangan Politik

Kata Psikolog Soal Banyaknya Korban Fetish Gilang: Nama UNAIR Jadi Kedok untuk Buat Orang Percaya

Dr Asaroglu mengatakan para hadirin akan disebar luas dalam 4 zona, termasuk di lantai atas masjid, aula masjid dan tempat parkir mobil.

"Jemaah kami sangat mengerti bahwa mereka merasa baik-baik saja menaati peraturan, seperti tidak berjabat tangan, tidak memeluk, memastikan bahwa mereka hanya shalat," ungkap Asaroglu.

"Jika semua orang berpikir dengan benar, saya pikir tidak ada masalah."

Dalam pernyataannya, Pihak Kesehatan NSW menerangkan bahwa pengecualian itu hanya dipertimbangkan dalam "keadaan luar biasa" dan masjid Auburn Gallipoli telah mengembangkan protokol keselamatan dari Covid-19 yang komprehensif.

Dari 4 zona yang ada tidak akan ada yang melebihi kapasitas dari 100 jemaah. Para jemaah juga dilarang berbaur.

Halaman
12
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved