Breaking News:

Mendikbud Mengatakan Pembelajaran Tatap Muka Harus Dihentikan, Jika Terjadi Pemburukan di Zona Hijau

Nadiem mengatakan, sekolah di Zona Hijau yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka harus menghentikan aktivitasnya apabila kondisi memburuk.

Instagram/kemdikbud.ri
Mendikbud Nadiem Makarim 

TRIBUNPALU.COM - Di tengah mewabahnya pandemi Covid-19, sejumlah sekolah di Zona Hijau mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Terbaru, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim  mengatakan, sekolah di Zona Hijau Covid-19 yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka harus menghentikan aktivitasnya apabila terjadi kondisi yang memburuk.

“Zona yang sudah hijau jika kondisinya memburuk setelah dibuka pembelajaran tatap muka, maka pembelajaran tatap muka harus segera dihentikan, dan prosesnya kembali lagi ke awal,” ujar Nadiem seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (6/8/2020).

Menyikapi banyak aspirasi masyarakat yang ingin sekolah pada zona kuning dapat dibuka kembali, Kemendikbud menyerahkan kembali pada keputusan Satuan Gugus Tugas Covid-19.

Nadiem Makarim Jawab Kritik soal Tahun Ajaran Baru hingga Wacana KBM Tatap Muka di Zona Hijau

Nadiem Makarim: Pembelajaran Tatap Muka Bisa Dimulai di 104 Kabupaten di Zona Hijau Covid-19

“Apa yang menjadi arahan gugus tugas kami akan jemput bola kami akan menyiapkan protokolnya. Kami akan bekerja sama dengan pemda untuk memastikan protokol kesehatan itu terjaga,” tutur Nadiem.

Menurut Nadiem, kebijakan untuk membuka pembelajaran tatap muka harus dipersiapkan dengan prosedur yang ketat.

Hal itu dilakukan untuk memastikan pembelajaran tatap muka akan aman bagi siswa, guru, seluruh warga pendidikan dan keluarganya.

“Sebelum membuka sekolah kita harus memperhatikan risiko kesehatan saat ini. Di saat kita bisa mengontrol fungsi kesehatan, baru kita bisa berpikir untuk membuka lagi sekolah,” kata Nadiem.

Ia juga tak menampik, penguatan pendidikan karakter dan sosialisasi bagi peserta didik merupakan hal penting yang harus dipenuhi dengan bersekolah.

Namun, terkait pembukaan sekolah, lagi-lagi Nadiem berkata itu tergantung pada kriteria zona yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Covid-19.

Halaman
12
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved