Breaking News:

WHO Sebut Belum Bisa Beri Jaminan terhadap Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan belum bisa memberi jaminan terhadap vaksin virus corona (Covid-19) Sputnik V yang diproduksi Rusia.

bgr.com
ILUSTRASI vaksin. 

TRIBUNPALU.COM - Rusia telah mengklaim sebagai negara pertama yang berhasil menciptakan vaksin virus corona Covid-19 di dunia.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memberi jaminan terhadap vaksin virus corona (Covid-19) Sputnik V yang diproduksi Rusia.

Dikutip dari Associated Press, Rabu (12/8/2020), WHO beralasan, vaksin tersebut harus melewati sejumlah tahapan prakualifikasi.

"Kami berhubungan dengan otoritas kesehatan Rusia. Berdiskusi tentang kemungkinan prakualifikasi vaksin WHO, tetapi sekali lagi prakualifikasi vaksin mencakup tinjauan dan penilaian yang cermat dan teliti dari semua data keamanan dan kemanjuran," kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, dalam jumpa pers di Swiss.

Driver Ojol Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19: 24 Jam seusai Disuntik, Tak Ada Efek Samping Berarti

Mendaftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil: Tak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Presiden Jokowi Mengatakan Vaksin Merah Putih Selesai pada Pertengahan 2021

Sejumlah pihak meragukan vaksin dari Rusia itu. Pasalnya, untuk standar dunia, uji klinis tahap III sebuah vaksin melibatkan ribuan orang dan memerlukan waktu cukup lama luntuk menguji vaksin itu aman dan manjur.

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia menjadi negara pertama di dunia memberikan persetujuan penggunaan vaksin Covid-19 setelah kurang dari dua bulan pengujian manusia.

Vaksin, yang didaftarkan Rusia itu bernama "Sputnik V".

Rusia mengklaim telah menerima permintaan dari 20 negara untuk memproduksi 1 miliar dosis vaksin virus corona buatannya, Sputnik V.

Kebakaran di Hutan Amazon Masih Belum Padam, Presiden Brazil Jair Bolsonaro: Itu Bohong

Sebaran Corona Rabu 12 Agustus 2020: Hanya 2 Provinsi Nihil Kasus Baru, DKI Jakarta Tambah 529 Kasus

Rusia Klaim Telah Ciptakan Vaksin Covid-19, WHO Butuh Teliti Data Keselamatan Vaksin

Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan, mereka butuh meneliti data keselamatan vaksin Covid-19 yang diklaim diciptakan oleh Rusia.

Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved