Breaking News:

Kabar Tokoh

PM Jepang Balas Pesan Hangat Jokowi, Shinzo Abe: Terima Kasih atas Persahabatan selama Saya Menjabat

PM Jepang Shinzo Abe balas pesan hangat Presiden Joko Widodo pakai bahasa Indonesia: Terima kasih atas persahabatan selama saya menjabat.

Twitter @jokowi
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat berjabat tangan - PM Jepang Shinzo Abe balas pesan hangat Presiden Joko Widodo pakai bahasa Indonesia: Terima kasih atas persahabatan selama saya menjabat. 

TRIBUNPALU.COM - Mundurnya Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe secara mendadak mengundang perhatian dunia.

PM Shizo Abe resmi mengundurkan diri pada Jumat (28/8/2020) melalui konferensi pers di kantor perdana menteri di daerah Chiyoda, Tokyo.

Alasan ia mengundurkan diri karena mengidap penyakit radang usus besar atau kolitis ulseratif kronis yang ia alami sejak lama.

Saat konferensi pers tersebut, PM Shinzo Abe sempat membahas penanganan pandemi Covid-19 di Jepang sebelum ia mengumumkan mundur.

"Tiga belas tahun yang lalu, penyakit kronis saya muncul dalam satu tahun. Tiba-tiba saya harus mengundurkan diri sebagai PM, tetapi kemudian (hal itu) bisa menyebabkan masalah besar kepada masyarakat," ungkap PM Shinzo Abe seperti dikutip dari Reuters.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Instagram/shinzoabe)

PM Jepang Abe Shinzo Mengundurkan Diri, Ini Deretan Ucapan dari Para Pemimpin Dunia

Ia mengatakan telah memutuskan mundur sekarang untuk menghindari kekosongan politik ketika negara sedang berjuang mengatasi wabah virus corona.

"Saya minta maaf dari lubuk hati terdalam, meskipun semua dukungan dari warga Jepang, saya meninggalkan jabatan inim yang tersisa satu tahun penuh dan di tengah-tengah berbagai kebijakan dan virus corona," jelasnya.

Ini adalah kali kedua PM Shinzo Abe mengundurkan diri sebagai perdana menteri karena kesehatannya yang buruk.

Pertama, ia mengundurkan diri setelah satu tahun menjabat pada tahun 2007.

Kini, PM Shinzo Abe memilih mundur saat masa pemerintahannya baru akan berakhir pada September 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved