Ungkap Reaksi Rizieq Shihab saat Ditetapkan Tersangka, Tim Kuasa Hukum FPI: Beliau Tenang Saja

Tim kuasa hukum FPI Aziz Yanuar mengungkap reaksi Habib Rizieq Shihab saat ditetapkan tersangka oleh polisi imbas kasus kerumunan di Petamburan.

POOL / REPUBLIKA / RAISAN AL FARISI via Kompas.com
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab 

TRIBUNPALU.COM - Tim kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengungkap reaksi Habib Rizieq Shihab saat ditetapkan tersangka oleh polisi imbas kasus kerumunan di Petamburan.

"Beliau cukup tenang, tanggapannya melalui kuasa hukum ini yang kami lakukan sekarang," kata Aziz di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/12/2020).

Aziz menambahkan sebenarnya sebelum ditetapkan sebagai tersangka, HRS dan lima orang lainnya akan memenuhi pemanggilan polisi di Polda Metro Jaya.

Aziz mengatakan dengan kedatangannya ke Polda, Habib Rizieq berusaha menegakkan hukum dengan mengambil surat pemanggil Habib Rizieq dan kelima orang yang telah ditetapkan tersangka.

"Itu kita di sini sampaikan kita proaktif, Kita menenggakkan hukum, dan kita saat ini bermaksud menjelaskan dan mengambil surat yang dimaksud sebelum dikirimkan, kita ambil dulu," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menetapkan enam tersangka dalam kasus kerumunan massa terkait acara pernikahan putri dari Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Petamburan, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan MRS sendiri ditetapkan sebagai tersangka sebagai penyelenggara acara di Petamburan. 

"Dari hasil gelar perkara menyimpulkan ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka. Pertama sebagai penyelenggara saudara MRS," ujar Yusri, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/12/2020). 

Yusri mengatakan upaya paksa akan digunakan kepada enam tersangka tersebut. 

"Keenam tersangka ini, Polri dalam hal ini kita akan menggunakan kewenangan upaya paksa yang dimiliki oleh Polri sesuai perundang-undangan," kata dia. 

Baca juga: Mengapa Rizieq Shihab Tak Penuh Panggilan Polda Jabar? Tim Kuasa Hukum Ungkap Alasannya

Yusri menjelaskan bahwa upaya paksa yang dimaksud dalam hal ini ada dua. Yakni melalui pemanggilan terhadap tersangka, dan melalui penangkapan terhadap tersangka. 

"Upaya paksa itu ada dua. Ada lewat pemanggilan, ada lewat penangkapan," imbuhnya. 

Selain MRS, masih ada lima orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka. 

Berikut identitas dari enam tersangka kasus kerumunan massa di Petamburan :

1. Muhammad Rizieq Shihab selaku penyelenggara acara 
2. Haris Ubaidillah selaku ketua panitia acara
3. Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia acara 
4. Maman Suryadi selaku penanggung jawab keamanan acara 
5. Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara 
6. Habib Idrus selaku kepala seksi acara.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kuasa Hukum Ungkap Reaksi HRS Saat Ditetapkan Tersangka oleh Polisi: Beliau Cukup Tenang, 

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved