Breaking News:

Perbarui Data Agar Bantuan Tepat Sasaran, Menteri Risma Sebut Penerima Bansos Wajib Ada Data Foto

Perbarui data agar bantuan tepat sasaran, Mensos Risma sebut penerima bansos wajib ada data foto. Bagaimana mekanismenya?

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Tri Rismaharini - Perbarui data agar bantuan tepat sasaran, Mensos Risma sebut penerima bansos wajib ada data foto. Bagaimana mekanismenya? 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Sosial tengah memperbarui data penerima bantuan sosial (bansos) agar penyalurannya tepat sasaran.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut ada langkah baru untuk meningkatkan efektivitas penyaluran bansos ke masyarakat.

Yakni dengan data foto untuk memastikan bansos tepat sasaran dan terhindar dari penyalahgunaan data penerima bansos.

Hal tersebut diungkapkan oleh Risma dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR secara virtual.

"Kami melakukan pembaruan data, jadi dari bulan Januari itu ada misalkan Bank Mandiri menemukan 7 (penerima bansos) meninggal, Bank BNI sekitar 289 (penerima bansos) meninggal, itu bisa kita tangkap dan kita ganti," kata Risma, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Bantah Aksinya Keliling Jakarta Disebut Blusukan, Risma: Saya Hanya Lewat dari Rumah ke Kantor

Risma mengatakan, dalam pembaruan data tersebut Kemensos akan memindahkan penerima bansos yang sudah meninggal ke ahli waris atau kepada keluarga lain yang memenuhi syarat.

"Nah ini yang kita lakukan, jadi jadwal kami pada minggu pertama dari Jumat itu adalah evaluasi dari bank-bank yang sudah mengeluarkan bantuan," ujarnya.

Risma juga menyatakan, penerima bansos wajib memiliki data foto.

Foto tersebut dilakukan saat proses pencairan bansos yang dilakukan di bank-bank penyalur.

"Nah saat ini pada saat pemberian (bansos) itu, bank wajib mengirimkan datanya secara foto. Kalau yang bersangkutan sakit maka harus didampingi dengan ahli waris yang ditunjuk," ucapnya.

Kisah karier birokrat dan politik, Risma dari PNS biasa kini jadi Menteri Sosial, kariernya meroket dan diidolakan sejak terapkan gebrakan ini.
(TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)
Halaman
1234
Editor: Isti Prasetya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved