Liga Indonesia

Menpora: Izin Liga 1 dan Liga 2 2021 Masih Tunggu dari Polri, Sampai Saat Ini Belum Ada Putusan

Hal itu disampaikan Zainudin Amali dalam konferensi pers usai rapat koordinasi pengkajian terhadap usulan penyelanggaraan kompetisi sepak bola Liga 1

Editor: Imam Saputro
liga-indonesia.id
Dokumentasi Borneo FC vs Bali United pada pekan ke 23 Liga 1 

TRIBUNPALU.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali,  menegaskan belum ada keputusan atau pun keluarnya izin soal penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2021. 

Hal itu disampaikan Zainudin Amali dalam konferensi pers usai rapat koordinasi pengkajian terhadap usulan penyelanggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, Rabu (10/2/2021) sore WIB. 

Dalam pernyataannya, Zainudin Amali,  mengungkapkan bahwa keputusan masih ada di tangan Polri. 

"Sudah mendengarkan pemaparan PSSI dan PT LIB tentang rencana kegiatan olahraga sepak bola khususnya untuk turnamen dan kompetisi. Baik rencana penyelanggaraannya maupun pelaksanaan protokol Covid-19 secara ketat dan disiplin. Sudah kami dengarkan dan direspons oleh BNPB, Satgas Covid-19, dan Polri," kata Zainudin Amali. 

"Dari apa yangg disampaikan secara umum kita mendapat gambaran tetang kesiapan PSSI dan PT LIB. Ini menjadi bahan untuk Polri untuk mempelajari dan mengkaji." 

"Jadi, rapat koordinasi mendengarkan pemaparan tetang rencana menyelenggarakan turnamen dan kompetisi, penerapan protokol kesehatan secara ketat, kita belum mengabil keputusan apapun."

"Karena keputusannya setelah ini. Jangan salah paham seolah kita sudah rapat dan langsung kita putuskan. Ini prosesnya terus berjalan. Prinsip pemerintah dan Kapolri kita mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat." 

Adapun, Liga 1 dan Liga 2 2020 telah ditangguhkan sejak Maret 2020 sudah dua kali gagal bergulir lagi.

Semula, liga kembali pada Oktober tahun lalu, tetapi wacana tersebut tak terealisasi dan PSSI memundurkan waktu hingga 1 November 2020.

Pada akhirnya, liga lagi-lagi mengalami penundaan dan dijadwalkan bakal dilanjutkan pada Februari 2021.

Dalam prosesnya, PSSI akhirnya memutuskan membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 pada Rabu (20/1/2021) dan fokus mempersiapkan musim 2021.

Liga dibatalkan karena pihak kepolisian belum bisa memberikan izin keramaian karena angka penyebaran Covid-19 di Indonesia masih begitu tinggi.

Rencana penyelenggaraan kompetisi musim 2021 mulai mendapat sinyal lampu hijau dari Polri.

Hal ini disampaikan langsung Baintelkam Polri Kombes Pol Budi Sajidin dalam webinar yang diadakan oleh SIWO Pusat, Rabu (3/2/2021).

Ketika itu, Budi secara tidak langsung menyebut terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh operator liga untuk mendapat perizinan dari Polri.

"Lampu hijaunya untuk sepak bola bisa dilakukan, informasinya tanpa penonton. Bahwa untuk tata cara kegiatan Liga 1, kemungkinan ini bisa dilaksanakan, sudah dipertimbangkan," ujar Budi. 

PSSI menyambut baik respons positif Polri terkait perizinan penyelenggaraan kompetisi dalam waktu dekat.

Sejumlah kabar bahkan menyebut pihak federasi bersama operator liga telah menyiapkan rencana untuk menggelar musim baru Liga 1 dan Liga 2 pada Mei atau Juni mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menpora: Belum Ada Keputusan soal Izin Liga 1 dan Liga 2 2021"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved